Pengaruh Kesusksesan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi pengguna Online Food Delivery GoFood pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Surabaya)

Anugrah, Aditya Swah and Rizki Yudhi Dewantara, S.Sos, M.AP and Hanifa Maulani Ramadhan S.AB, M.AB, S.AB, M.AB (2023) Pengaruh Kesusksesan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi pengguna Online Food Delivery GoFood pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan perkembangan ilmu dan teknologi informasi telah banyak mengubah cara pandang dan gaya hidup masyarakat Indonesia dalam menjalankan kegiatannya seperti layanan Online Food Delivery. Online Food Delivery (OFD) adalah sebuah layanan yang diberikan oleh usaha kuliner untuk konsumen yang mengininkan makanan tetapi tidak dengan datang ke usaha kuliner. Sistem OFD mengatur menu makanan secara online dan pengguna dapat dengan mudah melakukan pemesanan sesuai keinginannya. Penelitian ini betujuan mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Kesuksesan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna. Populasi dalam penelitian ini merupakan pegawai atau penanggung jawab usaha yang menggunakan atau pengoprasikan Online Food Delivery Go Food yang berjumlah 8.249. Pada penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan metode kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Kesuksesan Sistem Informasi dan Kepuasan Pengguna. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 115 responden yang diambil menggunakan teknik sampling. Kriteria sampel adalah UMKM yang tergabung dalam Gofood Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menyebarkan lembaran kuesioner UMKM yang tergabung dalam Gofood Surabaya. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara parsial System Quality (X1) memiliki pengaruh positif signifikan Kepuasan pengguna (Y), System Informasi (X2) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kepuasan pengguna (Y), Service Quality (X3) pengaruh positif signifikan Kepuasan pengguna (Y) . Secara simultan System Quality (X1) System Informasi (X2) dan Service Quality (X3) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna(Y). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa memperbaiki dan meningkatkan kualitas sistem dan kualitas informasi aplikasi mobile Go Jek akan meningkatkan penggunaan dan kepuasan pengguna, terutama untuk sistem informasi. Dengan meningkatnya keandalan sistem informasi dan kualitas informasi pada pengguna maka akan meningkatkan manfaat-manfaat yang diberikan oleh sistem informasi.

English Abstract

With the development of science and information technology, it has changed the way of view and lifestyle of the Indonesian people in carrying out their activities such as Online Food Delivery services. Online Food Delivery (OFD) is a service provided by culinary businesses to consumers who want food but not by coming to culinary businesses. The OFD system organizes food menus online and users can easily place orders as they wish. This study aims to know and explain the effect of information system success on user satisfaction. The population in this study is employees or persons in charge of businesses that use or operate Online Food Delivery Go Food which amounts to 8,249. This study used explanatory research method with quantitative methods. The variables used in this study include Information System Success and User Satisfaction. The number of samples used in this study was 115 respondents taken using sampling techniques. The sample criteria are MSMEs that are members of Gofood Surabaya. The data collection method uses a survey method by distributing questionnaire sheets for MSMEs who are members of Gofood Surabaya. The results of multiple linear regression analysis show that partially System Quality (X1) has a significant positive influence on Customer Satisfaction (Y), Information System (X2) has a positive insignificant effect on Customer Satisfaction (Y), Service Quality (X3) has a significant positive influence on Customer Satisfaction (Y). Simultaneously, System Quality (X1), Information System (X2) and Service Quality (X3) have a significant effect on User Satisfaction (Y). The results of the study concluded that improving and improving the quality of the system and the quality of information of the Go Jek mobile application will increase user usage and satisfaction, especially for information systems. With the increasing reliability of information systems and the quality of information to users, it will increase the benefits provided by information systems.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030426
Uncontrolled Keywords: Sistem Kualitii , Sistem Informasi, Sistem Pelayanan, Kepuasan pengguna
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:57
Last Modified: 04 Jan 2024 02:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206057
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Aditya Swah Augrah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item