Mumtadz, Adhisa Qotrunnada and Latifah Hanum, S.E, MSA., Ak., CA. (2023) Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Electronic Formulir (e-Form) (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sidoarjo Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah melakukan berbagai macam upaya dalam melakukan pembaharuan-pembaharuan pada sistem perpajakan, salah satunya yaitu penyempurnaan teknologi informasi dan komunikasi. Bentuk penyempurnaan teknologi informasi dan komunikasi yang diterapkan oleh DJP yaitu menyediakan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) secara online melalui aplikasi formulir elektronik yang biasa dikenal sebagai electronic Formulir (e-Form). Penggunaan aplikasi e-Form pada kenyataannya masih memiliki kendala dan masih belum dilengkapi dengan petunjuk pengisian teknik yang spesifik sehingga dapat memengaruhi tingkat kepuasan pengguna pada e-Form. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan Wajib Pajak pada e-Form dengan berdasarkan teori DeLone and McLean Information Systems Success Model. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Wajib Pajak pengguna e-Form yang terdaftar di KPP Pratama Sidoarjo Selatan dengan total 8.019 Wajib Pajak. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Tenik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Structural Equation Modeling (SEM) dengan jenis Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem (X1) berpengaruh terhadap kepuasan Wajib Pajak (Y) pada e-Form, variabel kualitas informasi (X2) berpengaruh terhadap kepuasan Wajib Pajak (Y) pada e-Form, dan variabel kualitas pelayanan (X3) berpengaruh terhadap kepuasan Wajib Pajak (Y) pada e-Form di KPP Pratama Sidoarjo Selatan.
English Abstract
The Directorate General of Taxes (DJP) has made various efforts to make renewables of the tax system, one of which is the refinement of information and communication technology. The form of information and communication technology refinements implemented by DJP is provide Tax Return reporting through an electronic form application commonly known as Electronic-Form (e-Form). The use of e-Form applications still has problems and not equipped with specific engineering guidelines that can affect the user satisfaction level of e-Form.The purpose of this research was to determine the impact of system quality, information quality, and service quality on taxpayer satisfaction in e-Form based on the DeLone and McLean Information Systems Success Model theory. The type of research is exploratory research with a quantitative approach. The population in this research are the taxpayers of e-Form registered at the Tax Office Pratama South Sidoarjo with 8.019 taxpayers. This research used a sampling technique is simple random sampling. The data analysis technique in this research used Structural Equation Modeling (SEM) models of Partial Least Square (PLS) type through SmartPLS 3.0 software. The results of this research indicate that the variable system quality (X1) has an effect on taxpayer satisfaction (Y) in e-Form, the variable information quality (X2) has an effect on taxpayer satisfaction (Y) in e-Form, the variable service quality (X3) has an effect on the satisfaction of the taxpayer (Y) in e-Form at the Tax Office Pratama South Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030424 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wajib Pajak, e-Form |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 05:36 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 05:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206055 |
![]() |
Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Adhisa Qotrunnada Mumtadz.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |