Faktor Determinan Niat Berwirausaha Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Di Malang Jawa Timur (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang Jawa Timur).

Subroto, Agus Andi and Prof. Dr. Armanu,, SE., M.Sc., and Dodi Wirawan Irawanto,, SE., M.Com., Ph.D., and Ainur Rofiq,, SE., MM., Ph.D., (2023) Faktor Determinan Niat Berwirausaha Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Di Malang Jawa Timur (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang Jawa Timur). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan besar dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor determinan niat berwirausaha mahasiswa perguruan tinggi negeri di Malang Jawa Timur. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif dengan perpektif kausal. Populasi yang diambil adalah sebanyak 2007, dan sampel yang telah didapatkan melalui proses perhitungan adalah sebesar 273 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling dengan menggunakan alat bantu program AMOS. Temuan penelitian ini adalah seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat terbukti kebenarannya, baik yang dilihat dari pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung atau mediasi hingga dipengaruh oleh variabel moderasi. Namun penelitian ini memiliki keterbatasan di mana hanya dilakukan pada mahasiswa strata 1 yang angkatan 2019 yang telah menempuh semester 6 dan mengambil kuliah di 3 universitas yang dijadikan lokus penelitian. Diambil secara proporsional, sehingga tidak semua mahasiswa yang sesuai dengan kriteria diambil menjadi sampel penelitian dan Univeristas yang diambil juga hanya universitas negeri yang ada di Kota Malang saja.

English Abstract

The grand objective of this research is to identify factors that determine the entrepreneurial intention of students of state universities in Malang City, East Java. The population of this quantitative causal research is 2007 people, from which 273 were selected as the respondents. The number of samples was acquired from the use of a sample calculation formula. The research data was analyzed using Structural Equation Modeling in AMOS. The results of the analysis indicate that all hypotheses, which are about direct, indirect, mediation, and moderation effects, are accepted. However, this study was limited in that the samples are only undergraduate students of class 2019 from three state universities who have studied for six semesters. Then, as the samples were taken proportionately only from state universities in Malang City, not all students who meet the criteria were included

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 0623020045
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Orientasi Kewirausahaan, Niat Berwirausaha, Social Influence of Classmate, Corporate Social Responsibility
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:01
Last Modified: 03 Jan 2024 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206041
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Agus Andi Subroto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item