Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Produk Ikan Tuna Kaleng (Tuna Chunk in Soya Bean Oil) Sunbell)

Christiani, Thalita and Dr. Zainal Abidin,, S.Pi., MBA., MP (2023) Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Produk Ikan Tuna Kaleng (Tuna Chunk in Soya Bean Oil) Sunbell). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan Tuna merupakan salah satu komoditas yang di perdagangkan dipasar global. PT Aneka Tuna Indonesia merupakan perusahaan yang menaungi produk ikan tuna kaleng (Tuna Chunk in Soya bean oil) merek sunbell. Pemasaran dapat diartikan sebagai “meeting needs profitably” yaitu bagaimana perusahaan dapat melayani kebutuhan konsumen dengan cara yang menguntungkan bagi konsumen dan perusahaan. Melihat potensi tersebut, pemilihan strategi yang tepat dibutukan untuk pengembangan produk menjadi lebih baik. Penelitian ini memiliki variabel yang diteliti sebanyak empat yaitu: kualitas produk, citra merek, keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Adanya variabel yang diteliti tersebut penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Tuna Kaleng Sunbell, (2) menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen Tuna Kaleng Sunbell, (3) menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Tuna Kaleng Sunbell, (4) Menganalisis pengaruh citra merek terhadap kepuasan konsumen Tuna Kaleng Sunbell, dan (5) menganalisis peran keputusan pembelian dalam memediasi hubungan antara kualitas produk, dan citra merek terhadap kepuasan pembelian konsumen Tuna Kaleng Sunbell. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis explanatory research. Jenis data berdasarkan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil penilaian responden melalui instrumen penelitian kuesioner, data sekunder didapatkan dari jurnal ilmiah, buku dan website. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang melakukan pembelian dan mengkonsumsi produk Ikan Tuna Kaleng (Tuna Chunk in Soya Bean Oil) Sunbell. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode accidental sampling dengan kriteria responden yang pernah melakukan pembelian produk Ikan Tuna Kaleng (Tuna Chunk in Soya Bean Oil) Sunbell minimal sebanyak 2 kali. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan menggunakan software smartPLS. Hasil dari penelitian yaitu Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen, Keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, Keputusan pembelian memediasi kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan konsumen Penelitian ini diharapkan bagi perusahaan untuk memperhatikan kepuasan konsumen dan terus meningkatkannya. Penelitian ini juga diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan lagi dengan menambah variabel lain.

English Abstract

Tuna is one of the commodities traded in the global market. Sunbell brand has been manufactured by PT Aneka Tuna Indonesia. Marketing can be interpreted as "meeting needs profitably" meaning how companies can serve consumer needs in ways that are profitable for consumers and companies. Seeing this potential, choosing the right strategy is needed for better product development. This study has four variables studied, such as: product quality, brand image, purchasing decisions and consumer satisfaction. The variables studied, this study have the objectives of (1) analyzing the effect of product quality on consumer purchasing decisions of sunbell Canned Tuna, (2) analyzing the effect of brand image on consumer purchasing decisions of sunbell canned tuna, (3) analyzing the effect of product quality on consumer satisfaction if sunbell canned tuna, (4), analyzing the effect of brand image on consumer satisfaction of sunbell canned tuna, and (5) analyzing the role of decision purchase in mediating the relationship between product quality and brand image on consumer purchase satisfaction sunbell canned tuna. The research method used in this research is quantitative research using explanatory research. Types of data based include primary data and secondary data. Primary data was obtained from the results of respondents' assessments through questionnaire research instruments, secondary data obtained from scientific journals, books, and websites. The sample of this study were 100 respondents who purchased and consumed sunbell Canned Tuna (Tuna Chunk in soya bean oil) products. The sampling technique of this study used non-probability sampling with the accidental sampling method with the criteria of respondents who had purchased sunbell Canned Tuna products at least twice. The analysis technique used is SEM-PLS using smartPLS software. The results of the study are product quality has a positive and significant effect on consumer purchasing decisions, brand image has a positive and significant effect on consumer purchasing decisions, product quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction, brand image has a positive and significant effect on consumer decisions, purchasing decisions have a positive effect and significant to consumer satisfaction, purchasing decisions mediate product quality and brand image on consumer satisfaction. This research is expected to encourage companies to pay attention to customer satisfaction and continue to improve it. This research is also expected to be developed by further researchers by adding other variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080724
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:56
Last Modified: 10 Jan 2024 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206039
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Thalita Christiani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item