Pengaruh Orientasi Pasar Dan Entrepreneurial Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Mediasi Pemasaran Digital Dan Kapabilitas Pemasaran (Studi pada UMK Makanan Minuman di Malang Raya).

Krisnanto, Aditya Budi and Prof. Dr. Surachman,, SE., MSIE., and Prof. Dr. Rofiaty,, SE., MM., and Sunaryo,, SE., M.Si., Ph.D., (2023) Pengaruh Orientasi Pasar Dan Entrepreneurial Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Mediasi Pemasaran Digital Dan Kapabilitas Pemasaran (Studi pada UMK Makanan Minuman di Malang Raya). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui efek mediasi pemasaran digital dan kapabilitas pemasaran pada pengaruh orientasi pasar entrepreneurial marketing terhadap kinerja pemasaran di UMK makanan dan minuman di Malang Raya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wacana ilmu pengetahuan pada bidang manajemen pemasaran, khususnya mengenai pemasaran digital dan kapabilitas pemasaran, sehingga dapat bermanfaat bagi akademisi maupun praktisi Penelitian dilakukan pada 137 usaha mikro dan kecil makanan dan minuman di Malang Raya. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Analisa data dilakukan dengan Partial Least Square (PLS) dengan software smartpls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan orientasi pasar dan pemasaran digital tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran, akan tetapi kapabilitas pemasaran memediasi secara penuh hubungan orientasi pasar dan pemasaran digital terhadap kinerja pemasaran. Entrepreneurial marketing dan kapabilitas pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Pemasaran digital tidak memediasi hubungan orientasi pasar dan entrepreneurial marketing terhadap kinerja pemasaran, sebaliknya kapabilitas pemasaran memediasi secara parsial hubungan entrepreneurial marketing terhadap kinerja pemasaran. Temuan dari penelitian ini adalah 1) peran mediasi kapabilitas pemasaran terbukti berkontribusi pada hubungan orientasi pasar, entrepreneurial marketing dan pemasaran digital terhadap kinerja pemasaran; 2) pemasaran digital belum mampu berkontribusi dalam memediasi orientasi pasar dan entrepreneurial marketing terhadap kinerja pemasaran, 3) pemasaran digital bersama kapabilitas pemasaran berkontribus memediasi entrepreneurial marketing untuk memberikan dampak terhadap kinerja pemasaran, 4) kapabilitas pemasaran dalam meningkatkan pemasaran digital mendukung pengembangan teori resources based view (RBV).

English Abstract

The objective of this research is to assess and identify the mediation of digital marketing and marketing capability in the effects of market orientation and entrepreneurial marketing on the marketing performance of micro and small-sized food and beverage enterprises in Greater Malang. The results of this research are expected to enrich scientific discourses in management, particularly digital marketing and marketing capability, and benefits booth academics and practitioners. This study was conducted on 137 micro and small-sized food and beverage enterprises in Greater Malang, which were selected using purposive sampling technique. The research data was analyzed using Partial Least Squares (PLS) in SmartPLS. The results of the analysis indicate that the effects market orientation and digital marketing on marketing performance are insignificant and that marketing capability fully mediates their effect on the marketing performance. Furthermore, entrepreneurial marketing and marketing capability significantly influence marketing performance, while digital marketing does not mediate their effect on marketing performance, and marketing capability partially mediates the impact of entrepreneurial marketing on marketing performance. The findings of this research are (1) that the mediating role of marketing capability was proven to contribute to the influence of market orientation, entrepreneurial marketing, and digital marketing on marketing performance, (2) that digital marketing has not been able to contribute in mediating the influence of market orientation and entrepreneurial marketing on marketing performance, (3) that digital marketing together with marketing capability mediates entrepreneurial marketing in affecting marketing performance, and (4) in increasing digital marketing, marketing capability supports the development of Resource-Based View (RBV).

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 0623020044
Uncontrolled Keywords: Kapabilitas pemasaran, Pemasaran digital, Kinerja pemasaran, Orientasi pasar, Entrepreneurial marketing, Usaha Mikro dan Kecil
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:02
Last Modified: 03 Jan 2024 03:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206032
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ADITYA BUDI KRISNANTO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item