Implementasi Program E-sambat dalam Pelayanan Pengaduan Masyarakat (Studi (Studi pada Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Pasuruan)

Wuryantari, Deti Ayu Sabrina and Dr. Alfi Haris Wanto S.AP., M.AP., MMG., S.AP., M.AP., MMG. and Mochamad Chazienul Ulum, S.Sos., M.AP (2023) Implementasi Program E-sambat dalam Pelayanan Pengaduan Masyarakat (Studi (Studi pada Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik dimaknai sebagai suatu aktivitas yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengurus segala kebutuhan masyarakat. Tugas pemerintah adalah untuk untuk melayani kepentingan masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan pelayanan dengan baik adalah memberikan pelayanan secara efektif dan efisien, karena akan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. Pemerintah Kota Pasuruan mengeluarkan beberapa program untuk meningkatkan pelayanan publik yang ada di Kota Pasuruan, salah satunya yaitu E-sambat, dimana aplikasi ini merupakan wadah untuk masyarakat dalam menyampaikan keluhan/permasalahan yang berkaitan dengan pelayanan publik kepada Pemerintah Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dibatasi oleh fokus penelitian Implementasi Program menurut David C. Korten, yaitu (1) Kesesuaian antara program dengan pemanfaat. (2) Kesesuaian antara program dengan organisasi pelaksana. (3) Kesesuaian antara kelompok pemanfaat dengan organisasi pelaksana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan pengaduan melalui aplikasi E-sambat di Kota Pasuruan pada indikator kesesuaian antara program E-sambat dengan masyarakat sudah sesuai dimana E-sambat dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhanya dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya. Indikator kesesuaian antara program E-sambat dengan organisasi pelaksana juga sesuai, yaitu E-sambat di kelola oleh Diskominfo Kota Pasuruan dan E-sambar sendiri sudah tersebar di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kota Pasuruan. Indikator ketiga yaitu kesesuaian antara masyarakat dengan Diskominfo Kota Pasuruan dimana prosedur dan juga renponsivitas dari Diskominfo Kota Pasuruan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam melakukan layanan pengaduan E-sambat. Faktor kedua yaitu tantangan, dalam pelaksanaan e-sambat terdapat beberapa tantangan yang dihadapi yaitu terjadinya kesalahan saat melakukan disposisi, masih banyaknya pengaduan yang masuk dengan pengadu dan aduan yang sama, fitur E-sambat yang masih kurang lengkap serta masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya E-sambat.

English Abstract

Public service is interpreted as an activity carried out by the government in managing all the needs of the community. The government's task is to serve the interests of the community in accordance with applicable regulations. One way to be able to improve service properly is to provide service effectively and efficiently, because it will have a positive impact on the wider community. The Pasuruan City Government issued several programs to improve public services in Pasuruan City, one of which is E-Sambat, where this application is a forum for the community to submit complaints/problems related to public services to the Pasuruan City Government. This research uses a descriptive research type with a qualitative approach which is limited by the research focus of Program Implementation according to David C. Korten, namely (1) Conformity between programs and beneficiaries. (2) Conformity between the program and the implementing organization. (3) Conformity between beneficiary groups and implementing organizations. The results of this study indicate that the implementation of complaint services through the E-sambat application in Pasuruan City on the compatibility indicator between the E-sambat program and the community is appropriate where E-sambat is made to make it easier for the community to convey their complaints easily without incurring costs. The suitability indicator between the E-sambat program and the implementing organization is also appropriate, namely that E-sambat is managed by the Pasuruan City Office of Communication and Information and E-sambar itself is spread across every Regional Apparatus Organization (OPD) in Pasuruan City. The third indicator is compatibility between the community and the Pasuruan City Diskominfo where the procedures and responsiveness of the Pasuruan City Diskominfo are needed by the community in carrying out E-Sambat complaint services. The second factor is challenges, in the implementation of e-sambat there are several challenges, namely the occurrence of errors when making dispositions, there are still many complaints coming in with the same complainants and complaints, the E-sambat feature is still incomplete and there are still many people who do not know about E-sambat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030417
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, E-sambat, Implementasi Program, Kota Pasuruan
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jan 2024 05:34
Last Modified: 03 Jan 2024 05:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206031
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Deti Ayu Sabrina Wuryantari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item