Nugroho, Santi Duwi Putri and Dr. Mintarti Rahayu,, SE., MS.,CSRS. and Raditha Dwi Vata Hapsari,, SE., MM.,Ph.d. (2022) Pengaruh atribut kredibilitas influencer media sosial terhadap niat beli Generazi Z dengan mediasi citra merek (studi pada konsumen produk kosmetik Korea). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini berfokus pada peran kredibilitas influencer yang terdiri dari atribut daya tarik, keahlian, dan dapat dipercaya dalam meningkatkan niat beli melalui citra merek pada konsumen Generazi Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kredibilitas influencer terhadap niat beli konsumen Generazi Z, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi citra merek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang masuk ke dalam kategori Generazi Z (berusia 13 – 21 tahun) yang menggunakan produk kosmetik Korea. Sampel dalam penelitian ini masuk dalam purposive sampling, yaitu menentukan responden berdasarkan kriteria tertentu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 210 reponden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi WarpPls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga atribut kredibilitas influencer, yaitu daya tarik, keahlian, serta dapat dipercaya berpengaruh secara linear terhadap niat beli konsumen Generazi Z dan citra merek, di mana semakin tinggi nilai ketiga atribut kredibilitas influencer, maka semakin tinggi pula niat beli konsumen generazi Z dan citra merek terhadap produk yang diendorse. Citra merek berpengaruh secara linear terhadap niat beli, di mana semakin tinggi citra merek suatu produk, semakin tinggi pula niat beli terhadap produk tersebut. Citra merek dapat memberi peran mediasi penuh pada hubungan kredibilitas influencer terhadap niat beli konsumen Generazi Z.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0423020094 |
Uncontrolled Keywords: | Kredibilitas, daya tarik, keahlian, kepercayaan, influencer, media sosial, citra merek, niat beli, Generazi Z. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 03:02 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 03:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206018 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SANTI DUWI PUTRI NUGROHO.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |