Pengaruh Kinerja Lingkungan Dan Sistem Manajemen Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Industri Consumer Non-Cyclical Dan Healthcare Yang Terdaftar Di Bei Pada Tahun 2018-2022 Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Pemoderasi

Acintya, Sannidya Tara and Hendi Subandi,, SE., MA., Ak., CA. (2023) Pengaruh Kinerja Lingkungan Dan Sistem Manajemen Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Industri Consumer Non-Cyclical Dan Healthcare Yang Terdaftar Di Bei Pada Tahun 2018-2022 Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Pemoderasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam kinerja pasar modal di tengah aktivitas industri di Indonesia tentu saja kerap mengalami fluktuasi pada indeks harga saham. Perusahaan harus mampu untuk tetap menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat untuk membangun pandangan yang baik juga, sehingga hal tersebut akan berdampak pada nilai perusahaan. Dalam hal ini, isu lingkungan perlu diperhatikan oleh perusahaan untuk mewujudkan bisnis masa depan agar industri dapat tetap bertahan. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh kinerja lingkungan dan sistem manajemen lingkungan terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai pemoderasi. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 105 perusahaan industri consumer non-cyclical dan healthcare yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan sistem manajemen lingkungan tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Lalu, kinerja keuangan mampu memperkuat pengaruh kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan, namun tidak mampu memperkuat pengaruh sistem manajemen lingkungan terhadap nilai perusahaan.

English Abstract

The performance of the capital market amid the industrial activity in Indonesia certainly experiences frequent stock price index fluctuations; and companies must be able to maintain good relations with the community to build a good image that impacts on firm value. As such, companies need to consider environmental issues to realize sustainable future business. This study aims to determine the effect of environmental performance and environmental management system on firm value with financial performance as the moderator. The samples in this study include 105 non-cyclical consumer and healthcare industry companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2018-2022 period. The data are analyzed by multiple linear regression employing Moderated Regression Analysis (MRA). The results of this study exhibit that environmental performance has a positive effect on firm value, and the environmental management system does not have a positive effect on firm value. Financial performance is able to strengthen the effect of environmental performance on firm value, but is unable to strengthen the effect of environmental management system on firm value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020525
Uncontrolled Keywords: kinerja lingkungan; sistem manajemen lingkungan; nilai perusahaan; kinerja keuangan; teori legitimasi; teori sinyal
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:34
Last Modified: 17 Jan 2024 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206014
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sannidya Tara Acintya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item