Pengaruh Pesan Terhadap Kredibilitas Informasi Wajib Pajak Orang Pribadi Dan Wajib Pajak Mengadopsi Informasi Perpajakan Pada Media Sosial Instagram (Studi Kasus Followers Instagram @Ditjenpajakri).

Zahra, Deaniq Meiza and Dessanti Putri Sekti Ar, SE., MSA.Ak (2023) Pengaruh Pesan Terhadap Kredibilitas Informasi Wajib Pajak Orang Pribadi Dan Wajib Pajak Mengadopsi Informasi Perpajakan Pada Media Sosial Instagram (Studi Kasus Followers Instagram @Ditjenpajakri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi perpajakan dapat diterima dengan baik oleh wajib pajak jika pesan disampaikan dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesan terhadap kredibilitas informasi wajib pajak orang pribadi dan adopsi informasi perpajakan pada Instagram Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 152 orang dengan metode non-probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan link kuesioner secara daring melalui direct message kepada wajib pajak orang pribadi yang mengikuti akun Instagram @ditjenpajakri. Setelah melakukan olah data terhadap hasil kuesioner dengan menggunakan SmartPLS 3, didapatkan hasil bahwa kualitas informasi dan interaktivitas tidak berpengaruh terrhadap kredibilitas informasi. Selanjutnya, kekuatan argumen, ketergantungan menengah, dan transparansi menengah berpengaruh terhadap kredibilitas informasi, dan kredibilitas informasi berpengaruh terhadap wajib pajak mengadopsi informasi perpajakan.

English Abstract

Tax information can be well received by taxpayers if the message is conveyed properly and correctly. This study aims to determine the effect of the message on the credibility of individual taxpayer information and the adoption of tax information on Instagram of the Directorate General of Taxes (DGT). This research uses explanatory research with a quantitative approach. The sample used in this study amounted to 152 people with a non-probability sampling method. Data collection was carried out by distributing the questionnaire link online via direct message to individual taxpayers who follow the Instagram account @ditjenpajakri. After processing the data on the results of the questionnaire using SmartPLS 3, it was found that the quality of the information and interactivity had no effect on the credibility of the information. Furthermore, the strength of the argument, moderate dependence, and medium transparency have an effect on information credibility, and information credibility has an effect on taxpayers adopting tax information.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030409
Uncontrolled Keywords: Perpajakan, Kualitas Informasi, Kekuatan Argumen, Interaktivitas, Ketergantungan Menengah, Transparansi Menengah, Kredibilitas Informasi, Adopsi Informasi.
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:52
Last Modified: 03 Jan 2024 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205992
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Deaniq Meiza Zahra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item