Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas, dan E-WOM terhadap Keputusan Berkunjung di Kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna, Kabupaten Malang

Ghuffron, Syafiq Muhammad and Dr. Ir. Anthon Efani, MP (2023) Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas, dan E-WOM terhadap Keputusan Berkunjung di Kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ekowisata dapat didefinisikan sebagai suatu konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan yang bertujuan untuk mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan (alam dan budaya) dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan, sehingga memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat. Pada industri pariwisata, SDM berperan penting terhadap pencapaian kinerja, dimana perusahaan memiliki hubungan langsung yang bersifat tak berwujud dengan konsumen yang sangat bergantung pada kemampuan individu karyawan dalam membangkitkan minat, menciptakan kesenangan dan keputusan serta kenyaman kepada para konsumennya. Sebelum melakukan perjalanan wisata, seorang wisatawan biasanya terlebih dahulu melakukan pencarian informasi untuk sampai pada keputusan, menyangkut keunggulan daerah tujuan wisata, fasilitas yang ditawarkan, aksesibilitas, dan yang terpenting adalah citra destinasi. Perkembangan internet mendorong terciptanya sebuah konsep pemasaran melalui internet yang berisikan ulasan dari wisatawan yang sudah terlebih dahulu mengunjungi tempat wisata tersebut dengan istilah E-WOM atau Electronic Word of Mouth. Faktor lain yang juga mempengaruhi keputusan wisatawan berkunjung adalah fasilitas. Kabupaten Malang memiliki keanekaragaman potensi dan daya tarik wisata yang dapat memicu wisatawan untuk datang ke berbagai destinasi yang ada. Kabupaten malang memiliki lebih dari 14 lokasi wisata pantai. salah satu diantara banyak wisata pantai di Malang yaitu Kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna yang terletak di Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang. Penelitian dilaksanakan di Kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 17 Juli sampai dengan 28 Juli 2023 dengan tujuan untuk 1) Menganalisis bagaimana pengaruh citra destinasi terhadap keputusan berkunjung di Kawasan CMC Tiga Warna, 2) Menganalisis bagaimana pengaruh fasilitas terhadap keputusan berkunjung di Kawasan CMC Tiga Warna, 4) Menganalisis bagaimana pengaruh E-WOM terhadap keputusan berkunjung di Kawasan CMC Tiga Warna, 4) Menganalisis bagaimana pengaruh citra destinasi, fasilitas dan, E-WOM terhadap keputusan berkunjung di CMC Tiga Warna . Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna dengan jumlah 50 sampel dengan teknik pengambilan sampel Accidental sampling. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian (1) variabel citra destinasi menunjukkan bahwa citra destinasi berpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai thitung sebesar 2,829 > nilai ttabel sebesar 2,012 dengan tingkat signifikansi 0,007 < 0,05. (2) variabel fasilitas menunjukkan bahwa fasilitas berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai thitung sebesar 2,923 > ttabel sebesar 2,012 dengan tingkat signifikansi 0,005 ≤ 0,05. (3) variabel E-WOM menunjukkan bahwa E-WOM tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai thitung sebesar 0,755 > nilai ttabel sebesar 2,012 dengan tingkat signifikansi 0,454 > 0,05. (4) Hasil penelitian variabel citra destinasi, fasilitas, dan E-WOM menunjukkan bahwa citra destinasi, fasilitas, dan E-WOM berpengaruh simultan dan signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai fhitung > ftabel yaitu 23,173 > 2,80 dengan tingkat signifikansi 0,00 > 0,05.

English Abstract

Ecotourism can be defined as a concept of sustainable tourism development that aims to support efforts to preserve the environment (natural and cultural) and increase community participation in management, thus providing economic benefits to the local community. In the tourism industry, human resources play an important role in achieving performance, where companies have a direct intangible relationship with consumers that is highly dependent on the ability of individual employees to arouse interest, create pleasure and decisions and comfort to their consumers. Before traveling, a tourist usually first searches for information to arrive at a decision, regarding the advantages of tourist destinations, the facilities offered, accessibility, and most importantly the destination image. The development of the internet has encouraged the creation of an internet marketing concept that contains reviews from tourists who have visited the tourist attractions with the term E-WOM or Electronic Word of Mouth. Another factor that also influences the decision of tourists to visit is facilities. Malang Regency has a variety of potential and tourist attractions that can trigger tourists to come to various existing destinations. Malang Regency has more than 14 beach tourism locations. one of the many beach tourism in Malang is the Clungup Mangrove Conservation (CMC) area located in Tambakrejo Village, Malang Regency. The research was conducted in the Clungup Mangrove Conservation Area. The research was conducted from July 17 to July 28, 2023 with the aim of 1) Identifying the profile of the Clungup Mangrove Conservation Area, 1) Analyze how the destination image influences visiting decisions in the CMC Tiga Warna area, 2) Analyze how facilities influence visiting decisions in the CMC Tiga Warna area, 3) Analyze how E-WOM influences visiting decisions in the CMC Tiga Warna area, 4) Analyze how the destination image, facilities, and E-WOM influences visiting decisions in the CMC Tiga Warna area, This type of research is explanatory research. The population in this study were visitors to the Clungup Mangrove Conservation area with a total of 50 samples with Accidental sampling technique. Data collection methods are carried out by means of observation, interviews, and questionnaires. Data analysis using multiple linear regression. Based on the research results (1) the destination image variable shows that destination image has a positive partial and significant effect on visiting decisions with a tcount value of 2.829> ttable value of 2.012 with a significance level of 0.007 <0.05. (2) the facility variable shows that the facility has a partial and significant effect on visiting decisions with a tcount value of 2.923> t table of 2.012 with a significance level of 0.005 ≤ 0.05. (3) The E-WOM variables show that E-WOM has no significant effect on visiting decisions. with a tcount value of 0.755> ttable value of 2.012 with a significance level of 0.454> 0.05. (4) The results of research on destination image variables, facilities, and E-WOM show that destination image, facilities, and E-WOM have a simultaneous and significant effect on visiting decisions with a value of fcount> ftabel, namely 23.173> 2.80 with a significance level of 0.00> 0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080713
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:49
Last Modified: 10 Jan 2024 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205991
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Syafiq Muhammad Ghuffron.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item