Penerapan Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Avoskin di TikTok Shop (Survei pada Mahasiswa Malang)

Dewi, Daralana Sita and Saiful Rahman Yuniarto, S.Sos., MAB. (2023) Penerapan Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Avoskin di TikTok Shop (Survei pada Mahasiswa Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Avoskin di TikTok Shop (Survei pada Mahasiswa Malang)”. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan adanya pengaruh variabel dari konsep Digital Marketing dengan Variabel Website dan Social Media Marketing, konsep kedua yaitu Brand Awareness dengan Variabel Brand Recall dan Top of Mind baik secara simultan maupun parsial terhadap Variabel Terikat yaitu Keputusan Pembelian konsumen Avoskin Beauty. Digital Marketing merupakan strategi pemasaran secara online dengan media yang telah tersedia dengan alat komunikasi melalui internet. Sedangkan, Brand Awareness merupakan kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat merek untuk menjadikannya sebagai alternatif dalam mengambil keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research melalui pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 orang responden dari mahasiswa aktif Perguruan Tinggi di Kota Malang, berusia minimal 17 tahun, dan pernah membeli minimal satu kali produk Avoskin Beauty melalui TikTok Shop. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS 25 for Windows dengan metode pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Uji Simultan (Uji-F) diperoleh nilai 0,000 < 0,05 dari seluruh konsep, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, disimpulkan pada Variabel Website, Social Media Marketing, Brand Recall, dan Top of Mind memiliki pengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Pada Uji Parsial (Uji-t) seluruh variabel Website, Social Media Marketing, Brand Recall, dan Top of Mind memiliki pengaruhi positif dan signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Hasil Koefisiensi Determinasi (R2) Digital Marketing diperoleh 71,5% dengan sisanya 28,5% dipengaruhi oleh variabel lain dari Digital Marketing dan Brand Awareness diperoleh 79,8% dan sisanya sebesar 20,3% dipengaruhi oleh variabel lain dari Brand Awareness. Hal ini berguna untuk perusahaan tetap dikenal masyarakat secara luas, dengan kualitas yang diberikan untuk mempertahankan konsumen dalam memilih skincare lokal, yaitu Avoskin Beauty.

English Abstract

This research is entitled "The Application of Digital Marketing and Brand Awareness to the Purchase Decision of Avoskin Products at TikTok Shop (Survey on Malang Students)". The purpose of this study is to explain the variable influence of the Digital Marketing concept with Website and Social Media Marketing Variables, the second concept, namely Brand Awareness with Brand Recall and Top of Mind Variables both simultaneously and partially on the dependent variable, namely the Avoskin Beauty consumer purchase decision. Digital Marketing is an online marketing strategy with media that is already available with communication tools via the internet. Meanwhile, Brand Awareness is the ability of consumers to recognize and remember brands to make them an alternative in making purchasing decisions. The type of research used is Explanatory Research through a quantitative approach. The number of samples used in this study were 97 respondents from active university students in Malang City, aged at least 17 years, and had bought at least one Avoskin Beauty product through TikTok Shop. The data analysis method in this study used SPSS 25 for Windows software with a sample collection method using purposive sampling method. The data analysis used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that the results of the Simultaneous Test (F-test) obtained a value of 0.000 <0.05 from all concepts, so that H0 was rejected and Ha was accepted, it was concluded that the Website, Social Media Marketing, Brand Recall, and Top of Mind variables had a simultaneous influence on Purchasing Decisions. In the Partial Test (t-test) all variables of Website, Social Media Marketing, Brand Recall, and Top of Mind have a positive and significant influence partially on Purchasing Decisions. The results of the Coefficient of Determination (R2) Digital Marketing obtained 71.5% with the remaining 28.5% influenced by other variables from Digital Marketing and Brand Awareness obtained 79.8% and the remaining 20.3% influenced by other variables from Brand Awareness. This is useful for companies to remain widely recognized by the public, with the quality provided to maintain consumers in choosing local skincare, namely Avoskin Beauty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030407
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Website, Social Media Marketing, Brand Awareness, Brand Recall, Top of Mind, dan Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:52
Last Modified: 03 Jan 2024 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205988
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Daralana Sita Dewi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item