Pengaruh Komite Audit, Kualitas Audit, dan Profitabilitas Dalam Mengatasi Masalah Tax Avoidance (Studi pada Perusahaan Sektor Industri pada Periode 2019-2021),

Massada, Daffa and Saparila Worokinasih, S.Sos., M.Si. (2023) Pengaruh Komite Audit, Kualitas Audit, dan Profitabilitas Dalam Mengatasi Masalah Tax Avoidance (Studi pada Perusahaan Sektor Industri pada Periode 2019-2021),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara terbesar yang diperoleh dari masyarakat dan dimasukkan ke dalam kas negara dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Namun, banyak perusahaan menganggap bahwa penyetoran pajak merupakan beban karena mengurangi laba bersih perusahaan. Penghindaran pajak merupakan cara yang legal untuk mengurangi beban pajak yang dibayarkan dengan memanfaatkan celah (loopholes) peraturan perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komite audit, kualitas audit, dan profitabilitas dalam mengatasi masalah tax avoidance yang dilakukan perusahaan sektor industri. Penelitian ini terdiri dari variabel komite audit, kualitas audit, dan profitabilitas yang menjadi variabel independen dan tax avoidance menjadi variabel dependen. Pada prosesnya, komite audit dihitung dengan jumlah komite audit perusahaan, kualitas audit menggunakan variabel dummy, dan profitabilitas dihitung menggunakan return on assets dengan rumus laba setelah pajak dibagi total aset. Penelitian ini termasuk dalam jenis explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2021 dengan jumlah 20 perusahaan. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite audit dan kualitas audit berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance.

English Abstract

Tax is one of the largest sources of state revenue, which is obtained from the public and put into the state treasury for the purpose of public welfare. However, many companies consider that paying taxes is a burden because it reduces the company's net profit. Tax avoidance is a legal way to reduce the tax burden paid by taking advantage of loopholes in tax regulations. This study aims to examine the effect of audit committees, audit quality, and profitability in overcoming the problem of tax avoidance by industrial sector companies. This study consists of audit committee variables, audit quality, and profitability which are the independent variables and tax avoidance is the dependent variable. In the process, the audit committee is calculated using the number of company audit committees, audit quality uses a dummy variable, and profitability is calculated using return on assets with the profit after tax formula divided by total assets. This research is included in the type of explanatory research using a quantitative approach. The sample used in this research is industrial companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2019-2021 period with a total of 20 companies. The technique used to get the sample is purposive sampling. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results of the study show that audit committee and audit quality have an effect but not significant on tax avoidance. While profitability has a significant effect on tax avoidance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030400
Uncontrolled Keywords: Komite Audit, Kualitas Audit, Profitabilitas, Tax Avoidance
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:58
Last Modified: 02 Jan 2024 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205973
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Daffa Massada.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item