Pengaruh Sumber Daya Perusahaan Dan Lingkungan Bisnis Terhadap Kinerja Perusahaan Yang Dimediasi Oleh Strategi Kolaborasi Dan Inovasi Digital Pada Internet Service Provider (Isp) Di Indonesia

Hidajat, Saiful and Prof. Dr. Margono Setiawan,, SE., SU and Dr. Drs. Fatchur Rochman,, M.si, CSM.CMA and Prof. Ananda Sabil Hussein, SE., MSIE., Ph.D (2023) Pengaruh Sumber Daya Perusahaan Dan Lingkungan Bisnis Terhadap Kinerja Perusahaan Yang Dimediasi Oleh Strategi Kolaborasi Dan Inovasi Digital Pada Internet Service Provider (Isp) Di Indonesia. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena kinerja perusahaan di industri ISP saat ini menunjukkan penurunan profitabilitas, peningkatan kebutuhan IoT, hypercompetition, keterikatan dengan regulasi pemerintah, dan penurunan pendapatan selama masa pandemi Covid-19. Sementara di sisi lain, ISP memiliki peran penting dalam penyediaan jasa layanan internet yang sudah menjadi kebutuhan banyak pihak dewasa ini. Selain itu, terdapat permasalahan terkait lingkungan bisnis, sumber daya perusahaan, inovasi digital, dan strategi kolaborasi dalam industri ISP. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh lingkungan bisnis dan sumber daya perusahaan terhadap kinerja perusahaan ISP, serta mengkaji pengaruh inovasi digital dan strategi kolaborasi baik secara langsung maupun sebagai mediasi terhadap kinerja perusahaan ISP. Penelitian ini menggunakan dua tahapan desain penelitian, yaitu descriptive research dan causal research. Dengan menggunakan industri perusahaan ISP sebagai unit analisis, maka populasi dari penelitian ini adalah industri perusahaan ISP yang berjumlah 474, dan unit pengamatannya adalah pihak manajemen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 240 perusahaan yang diambil dengan metode stratified random sampling. Analisis verifikatif yang digunakan pada penelitian ini adalah metode SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: lingkungan bisnis dan sumber daya perusahaan tidak berpengaruh signifikan secara langsung pada kinerja perusahaan; inovasi digital dan strategi kolaborasi memiliki pengaruh signifikan pada kinerja perusahaan, dan strategi kolaborasi memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan inovasi digital; inovasi digital dan strategi kolaborasi memediasi pengaruh lingkungan bisnis dan sumber daya perusahaan terhadap kinerja perusahaan, di mana pengaruh mediasi strategi kolaborasi lebih dominan dibandingkan inovasi digital. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model temuan yang diberi nama “The Circle of Coopetition Model”, yang mengungkapkan bahwa upaya untuk mencapai peningkatan kinerja perusahaan yang berkelanjutan harus dilakukan melalui pengembangan strategi kolaborasi yang didukung inovasi digital dengan memanfaatkan sumber daya perusahaan secara optimal untuk mengadaptasi lingkungan bisnis untuk meningkatkan comparative advantage dan competitive advantage sebagai sebuah coopetition strategy.

English Abstract

The current phenomenon of company performance in the ISP industry shows a decrease in profitability, an increase in the need for IoT, hypercompetition, being bound to government regulations, and a decrease in revenue during the Covid-19 pandemic. While on the other hand, ISPs have an important role in providing internet services which have become the needs of many parties today. In addition, there are problems related to the business environment, company resources, digital innovation, and collaboration strategy in the ISP industry. Based on this background, this study aims to examine the influence of the business environment and company resources on the performance of ISP companies, as well as examine the influence of digital innovation and collaboration strategy both directly and as a mediation on the performance of ISP companies. This study uses two stages of research design, namely descriptive research and causal research. By using the ISP company industry as the unit of analysis, the population of this study is the ISP company industry, totaling 474, and the unit of observation is the management. The number of samples in this study is 240 companies which is taken by the stratified random sampling method. The verification analysis used in this study is the SEM (Structural Equation Modeling) method. The results of the study show that: the business environment and company resources have no direct significant effect on company performance; digital innovation and collaboration strategy have a significant influence on company performance, and collaboration strategy has a more dominant influence than digital innovation; digital innovation and collaboration strategy mediate the influence of the business environment and company resources on company performance, where the mediating effect of collaboration strategy is more dominant than digital innovation. Based on the results of the study, a finding model was obtained which was named "The Circle of Coopetition Model", which revealed that efforts to achieve sustainable company performance, improvement must be carried out through the development of collaboration strategies supported by digital innovation by optimally utilizing company resources to adapt the business environment to improve comparative advantage and competitive advantage as a coopetition strategy.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 0623020042
Uncontrolled Keywords: lingkungan bisnis, sumber daya perusahaan, inovasi digital, strategi kolaborasi, kinerja perusahaan.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:36
Last Modified: 02 Jan 2024 02:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205972
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Saiful Hidayat.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item