Charlendita, Chintana Romelia and Dr. Suyadi MS, MS and Taufiq Akbar Al Faj’ri,, SS.,M.Pd (2023) Peranan Guru Bimbingan Konseling Terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus SMA Negeri 8 Malang). UNSPECIFIED thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bimbingan Konseling penting dilakukan untuk menjaga proses pendidikan berjalan secara efektif dan menangani kendala pendidikan yang mungkin terjadi di waktu yang akan datang. Pendidikan formal dalam sekolah dengan memfokuskan akademik peserta didik tidak cukup. Sekolah sebagai lembaga formal perlu memberikan peserta didik perhatian afektif yang berkaitan dengan sikap, perilaku, emosi minat serta nilai yang terdapat dalam diri peserta didik. Perhatian tersebut dapat diberikan melalui pelayanan berupa bimbingan berlatar belakang psikologis atau bimbingan konseling yang didukung guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik dalam proses belajar dan mengajar, sehingga peserta didik dapat memiliki kemauan untuk melaksanakan nilai-nilai baik di lingkungan keluarga, masyarakat ataupun sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran guru bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan serta faktor pendukung dan penghambat dalam bimbingan dan konseling dalam proses pembelaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi Penelitian Kota Malang, sedangkan situs penelitian berada di SMA Negeri 8 Malang Hasil penelitian menujukkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 8 Malang belum terlaksana secara optimal meski di imbangi dengan beberapa faktor pendukung yang dirasa dapat memberikan perkembangan pada kedisiplinan siswa. Adapun faktor pendukung yang meliputi kemampuan guru bimbingan dan konseling untuk menerapkan metode pembelajaran bimbingan dan konseling yang sesuai dengan minat siswa dan kegiatan supervisi yang didukung oleh kepala sekolah. Faktor penghambatnya meliputi keterbatasan tenaga didik, kurangnya kesadaran siswa dalam kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Identification Number: | 0523030396 |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan |
Subjects: | 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 06:55 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 06:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205961 |
![]() |
Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Chintana Romelia.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |