Analisis Zakat Produktif terhadap Kesejahteraan Mustahiq melalui Perkembangan Usaha Mikro (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Yatim Mandiri, dan LAZIS-Nu Kabupaten Tulungagung Jawa Timur).

Nurkartikasari, Rizky and Dr. Dra. Sri Muljaningsih,, M.Sp, and Dr. Marlina Ekawaty,, SE., M.Si (2023) Analisis Zakat Produktif terhadap Kesejahteraan Mustahiq melalui Perkembangan Usaha Mikro (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Yatim Mandiri, dan LAZIS-Nu Kabupaten Tulungagung Jawa Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis zakat produktif terhadap kesejahteraan mustahiq melalui perkembangan usaha mikro di Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 50 responden dengan metode analisis jalur (path analysis) dan pendekatan analisis eksplanatori atau confirmatory, yaitu ingin mendapatkan penjelasan mengenai hubungan antar variabel. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan pembagian kuisoner kepada mustahiq, serta observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan ialah zakat produktif, modal sendiri berpengaruh signifikan positif terhadap perkembangan usaha mikro, sedangkan lama usaha tidak berpengaruh positif terhadap perkembangan usaha mikro. Lama usaha dan perkembangan usaha mikro berpengaruh signifikan positif sedangkan modal sendiri berpengaruh signifikan negatif terhadap kesejahteraan mustahiq. Zakat produktif berpengaruhterhadap kesejahteraan mustahiq melalui jalur perkem

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020093
Uncontrolled Keywords: Zakat produktif, usaha mikro, kesejahteraan, mustahiq, BAZ, LAZ.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:38
Last Modified: 02 Jan 2024 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205947
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizky Nurkartikasari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item