Pengaruh Social Media Marketing terhadap E-Loyalty untuk Konsumen Pengguna Produk Kecantikan: Peran Brand Trust sebagai Mediasi (Survey pada pengguna Brand Beetbalm).

Mustika, Carisa and Agung Nugroho Luthfi Imam Fahrudi, SAB., M. Bus Sys. Pro, Ph.D (2023) Pengaruh Social Media Marketing terhadap E-Loyalty untuk Konsumen Pengguna Produk Kecantikan: Peran Brand Trust sebagai Mediasi (Survey pada pengguna Brand Beetbalm). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh social media marketing terhadap brand loyalty melalui brand trust sebagai pemediasi pada generasi Z. Generasi tersebut cenderung lebih suka melakukan belanja online tetapi kurang loyal. Oleh karena itu, penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana membangun loyalitas konsumen pada generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Total ukuran sampel sebanyak 122 responden yang merupakan generasi Z Indonesia pengikut akun Instagram Beetbalm yang pernah melakukan pembelian produk Beetbalm. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan analysis SEM-PLS dengan software SmartPLS 3.2. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Social Media Marketing berpengaruh positif terhadap Brand Trust, 2) Brand Trust berpengaruh positif terhadap Brand Loyalty, 3) Social Media Marketing berpengaruh langsung secara positif terhadap Brand Loyalty, 4) Brand Trust memediasi hubungan antara Social Media Marketing terhadap Brand Loyalty secara parsial.

English Abstract

This study aims to analyze the effect of social media marketing on brand loyalty through brand trust as a mediator in generation Z. This generation tends to prefer shopping online but is less loyal. Therefore, this research can be used to find out how to build consumer loyalty in generation Z. This research uses a quantitative approach with purposive sampling in taking the sample. The total sample size is 122 respondents who are Indonesian generation Z followers of the Beetbalm Instagram account who have purchased Beetbalm products. Data analysis used in this study is descriptive and inferential statistical analysis using SEM-PLS analysis with SmartPLS 3.2 software. The results of this study indicate that: 1) Social Media Marketing has a positive effect on Brand Trust, 2) Brand Trust has a positive effect on Brand Loyalty, 3) Social Media Marketing has a direct positive effect on Brand Loyalty, 4) Brand Trust mediates the relationship between Social Media Marketing to Brand Loyalty partially.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030392
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Brand Trust, Brand Loyalty.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:54
Last Modified: 02 Jan 2024 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205946
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Carisa Mustika.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (18MB)

Actions (login required)

View Item View Item