Ilmi, Sofita Ulul and Dr. Zainal Abidin,, S.Pi.,MP.,MBA (2023) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dengan Mediasi Kepuasan Konsumen pada Restoran Wisata Kampung Lele di Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Angka konsumsi ikan di wilayah Kediri pada tahun 2021 mencapai angka 29,16 Kg/Kapita/tahun yang bertambah 0,02% dibandingkan pada tahun 2020. Pemerintah terus mengupayakan dalam peningkatan angka konsumsi ikan pada masyarakat karena mengkonsumsi ikan sangat baik dan berguna bagi ketahanan tubuh. masyarakat mencoba dalam berinovasi dalam sebuah produk yang akan dipasarkan dan siap untuk dinikmati oleh masyarakat luas. Inovasi produk olahan yang berasal dari ikan membantu dalam program pemerintah dalam menjalankan program gemar makan ikan. Restoran wisata kampung lele merupakan sebuah restoran yang bergerak dalam pengolahan ikan lele. Restoran ini menyajikan produk siap makan dan makanan beku yang berbahan dasar daging ikan lele. Ditengah persaingan pemasaran produk, penting bagi restoran wisata kampung lele memperhatikan strategi yang digunakan. Kualitas produk, harga, dan kepuasan konsumen merupakan salah satu strategi yang tepat digunakan untuk menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, Hubungan antara kepuasan konsumen memediasi hubungan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, Hubungan antara kepuasan konsumen memediasi hubungan harga terhadap keputusan pembelian, dan Hubungan antara kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilaksanakan selama Februari – Maret 2023 di Restoran Wisata Kampung Lele dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 150 orang yang pernah melakukan pembelian produk olahan lele di Restoran Wisata Kampung Lele dalam kurun waktu satu tahun terakhir dengan kriteria minimal 17 tahun. Adapun analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan WarpPLS SEM Method serta analisis deskriptif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga mampu memutuskan keputusan pembelian produk olahan lele di Restoran Wisata Kampung Lele. Kualitas produk dan Harga mampu meningkatkan kepuasan konsumen di Restoran Wisata Kampung Lele. Kepuasan konsumen mampu dapat memutuskan keputusan pembelian. Peran mediasi kepuasan konsumen mampu memutuskan keputusan pembelian atau dalam artian keputusan pembelian digunakan dalam membentuk keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga secara efektif dapat digunakan untuk mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian produk olahan lele di Restoran Wisata Kampung Lele. Saran bagi pemilik usaha adalah agar meningkatkan kualitas produk dan mempertahankan harga . Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih memahami bagaimana keputusan pembelian konsumen secara menyeluruh dan memperluas variabel yang digunakan, serta mengambil sampel lebih banyak untuk keakuratan data yang lebih baik dalam penelitian.
English Abstract
The number of fish consumption in the Kediri region in 2021 reached 29.16 Kg/Capita/year which increased by 0.02% compared to 2020. The government continues to strive to increase the number of fish consumption in the community because consuming fish is very good and useful for endurance. The community tries to innovate in a product that will be marketed and ready to be enjoyed by the wider community. Innovation of processed products derived from fish helps in government programs in running fish eating programs. Wisata Kampung Lele Restaurant is a restaurant engaged in catfish processing. The restaurant serves ready to eat products and frozen meals based on catfish meat. In the midst of product marketing competition, it is important for catfish tourism restaurants to pay attention to the strategies used. Product quality, price, and consumer satisfaction are one of the right strategies used to attract consumers to make purchasing decisions. This study aims to determine the effect of product quality on purchasing decisions, the effect of price on purchasing decisions, The relationship that comes from consumer satisfaction becomes the mediating influence of the relationship between product quality on purchasing decisions, the relationship that comes from consumer satisfaction becomes the mediating influence of the relationship between prices on purchasing decisions, and the relationship that comes from consumer satisfaction on purchasing decisions. This research was conducted during February – March 2023 at Wisata Kampung Lele Restaurant using a quantitative descriptive approach. The sample used in this study amounted to 150 people who had purchased processed catfish products at the Wisata Kampung Lele Restaurant within the last one year with a minimum criteria that is 17 years. The data analysis used is by using the WarpPLS SEM Method and descriptive analysis.The results of this study show that product quality and price can be a decision to purchase processed catfish products at Wisata Kampung Lele Restaurant. Product quality and price can increase consumer satisfaction at Wisata Kampung Lele Restaurant. Consumer satisfaction can be a purchase decision. The mediating role of consumer satisfaction is also able to give purchase decisions or in the sense that purchase satisfaction is used in shaping purchase decisions. This shows that product quality and price can effectively be used to influence consumers in making purchasing decisions for processed catfish products at Wisata Kampung Lele Restaurants. The advice for business owners is to improve product quality and maintain prices. In future research, it is expected to better understand how consumer purchasing decisions are overall and expand the variables used, as well as take more samples for better data accuracy in research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523080706 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 04:31 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 04:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205933 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sofita Ulul Ilmi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |