Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm “Sipetek” dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi

Segara, Sila Rahmawati and Dr. Zainal Abidin,, S.Pi.,MP.,MBA (2023) Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm “Sipetek” dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era globalisasi telah berdampak terhadap perkembangan teknologi secara cepat dan signifikan. Pengaruh teknologi digital juga berdampak perkembangan pemasaran, yaitu dari pemasaran konvensional menjadi pemasaran digital. Perubahan pemasaran ke era digital ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi pelaku usaha tak terkecuali bagi UMKM. Sipetek merupakan salah satu UMKM yang berdiri sejak tahun 2015 tepatnya di Kota Bogor jawa Barat. Sipetek merupakan produk kemasan siap konsumsi berupa camilan dan lauk berbahan dasar ikan petek. UMKM Sipetek menerapkan beberapa strategi pemasaran secara digital, diantaranya content marketing, influencer marketing, dan mengandalkan eWOM. Namun, dari ketiga strategi tersebut belum diketahui strategi mana yang paling efektif untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara content marketing, influencer marketing, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk UMKM Sipetek dengan menggunakan brand trust sebagai variabel mediasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2023 dsecara online pada UMKM Sipetek yang terletak di Kota Bogor Jawa Barat dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 145 orang dengan kriteria berusia minimal 17 tahun dan pernah melakukan pembelian produk Sipetek minimal 1 kali dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan WarpPLS 8.0 SEM Method dan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa content marketing, dan electronic word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian melalui pengaruh langsung. Pengaruh tidak langsung dengan menggunakan variabel mediasi brand trust menunjukkan hasil tidak signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Hal ini dapat disimpulkan bahwa memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui implementasi content marrketing yang informatif, dan kualitas serta pelayanan yang terjaga. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan sebagai bahan pertimbangan bagi penelitian selanjutnya untuk mengembangkan model penelitian dengan menambahkan variabel lain yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Adapun untuk pihak UMKM diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan penerapan strategi pemasaran content marketing dan eWOM guna meningkatkan keputusan pembelian produk Sipetek.

English Abstract

The era of globalization has had an impact on rapid and significant technological developments. The era of globalization has had an impact on rapid and significant technological developments. The influence of digital technology also has an impact on marketing development, namely from conventional marketing to digital marketing. This change in marketing to the digital era is an opportunity as well as a challenge for businesses, including MSMEs. Sipetek is one of the MSMEs that was founded in 2015 to be precise in Bogor City, West Java. Sipetek is a ready-to-consume packaged product in the form of a snack and a side dish made from petek fish. Sipetek MSMEs implements several digital marketing strategies, including content marketing, influencer marketing, and relying on eWOM. However, of the three strategies it is not known which strategy is the most effective to implement. This study aims to determine the direct and indirect effects of content marketing, influencer marketing, and electronic word of mouth on purchasing decisions for UMKM Sipetek products by using brand trust as a mediating variable. The research was conducted from April to May 2023 online at Sipetek MSMEs located in Bogor City, West Java using a quantitative descriptive approach. The sample used in the study was 145 people with a minimum age of 17 years and had purchased Sipetek products at least once in the past year. Methods of data analysis in research using WarpPLS 8.0 SEM Method and descriptive statistical analysis. The results of this study indicate that content marketing and electronic word of mouth have a significant effect on purchasing decisions through direct influence. The indirect effect of using the mediating variable brand trust shows no significant results influencing purchasing decisions. It can be concluded that strengthening relationships with customers through the implementation of informative content marketing and quality and service is maintained. This research is expected to be input as material for consideration for further research to develop a research model by adding other variables that influence purchasing decisions. As for the MSMEs, it is hoped that they can maintain and improve the implementation marketing strategy of content marketing and eWOM in order to increase purchasing decisions for Sipetek products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080701
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:30
Last Modified: 10 Jan 2024 04:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205927
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sila Rahmawati Segara.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item