Pengaruh Determinan Perdagangan Bilateral Indonesia-Australia Terhadap Total Ekspor Indonesia Dengan Pendekatan Gravity Model

Efendi, Reyne Niang and Prof. Dr. Munawar Ismail, SE., DEA. (2023) Pengaruh Determinan Perdagangan Bilateral Indonesia-Australia Terhadap Total Ekspor Indonesia Dengan Pendekatan Gravity Model. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kerjasama ekonomi Indonesia dan Australia telah terjalin cukup lama termasuk dalam hal ekspor impor salah satunya tertuang dalam perjanjian IA-CEPA. Namun tren pertumbuhan impor Indonesia ke negara Australia yang cenderung lebih stabil nilainya dibandingkan ekspornya. Kedekatan geografis juga menjadi hal yang penting untuk kedua negara saling mendukung perekonomian negara khususnya dalam hal perdagangan maka penelitian ini menggunakan pendekatan gravity model. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jarak negara pengekspor (Indonesia) ke negara tujuan (Australia), GDP Australia, populasi Australia, nilai tukar riil, dan krisis ekonomi terhadap total ekspor Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengggunakan data sekunder deret waktu (time series) yang berbentuk data tahunan periode tahun 1991 sampai dengan 2020. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan perangkat lunak E-views 9 untuk pengolahan data yang dihimpun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020494
Uncontrolled Keywords: Gravity Model, Ekspor, Perdagangan Bilateral
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:17
Last Modified: 12 Jan 2024 02:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205897
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reyne Niang Efendi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item