Analisis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Berdasarkan Perspektif Policy Analysis Triangle Framework (Studi pada Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) Kota Malang).

Fatmawaty, Ayang Elsi and Dr. Mujibur Rahman Khairul Muluk, S.SOS., M.SI and Asti Amelia Novita, S.AP., M.AP., Ph.D (2023) Analisis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Berdasarkan Perspektif Policy Analysis Triangle Framework (Studi pada Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fakta menyebutkan bahwa di Kota Malang pada tahun 2022 jumlah siswa SMK sebanyak lebih dari 33 ribu siswa sedangkan jumlah siswa SMA berjumlah hanya lebih dari 19 ribu siswa. Banyaknya jumlah siswa SMK di Kota Malang tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus dengan menjaga kualitas SMK di Kota Malang. Adapun di Kota Malang lembaga yang bergerak khusus dalam menangani hal tersebut adalah BBPPMPV BOE. Agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan meningkatan kepuasan pelanggan maka sistem manajemen mutu pada lembaga sangatlah diperlukan. Adapun sistem manajemen mutu yang diterapkan di BBPPMPV BOE adalah ISO 9001:2015. Tujuan penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana konten, konteks, serta proses, dan siapa aktor yang terlibat dalam dalam implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 di BBPPMPV BOE Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis data interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ini deterapkan agar dapat menjalankan tugas serta fungsi lembaga dengan optimal. Tujuannya untuk melakukan perbaikan berkelanjutan. Manfaat yang didapatkan yaitu kepercayaan pelanggan serta kualitas pelayanan lembaga semakin meningkat. 2) Terdapat 10 klausul persyaratan yang dalam sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Dasar kebijakan yang digunakan sesuai dengan yang tertuang dalam pedoman mutu BBPPMPV BOE tahun 2023. Implementasinya memiliki kaitan dengan lembaga pendidikan karena layanan yang diberikan yaitu diklat. 3) Proses pada tahap plan yaitu menyusun jadwal, membuat program, identifikasi peluang, dan membuat strategi. Tahap do yaitu pemetaan sumber daya yang digunakan serta memonitor proses dan hasil. Tahap check yaitu evaluasi dan tindak lanjut, mengukur tingkat kepuasan pelanggan, dan Evaluasi terhadap kendala. Tahap action yaitu melakukan perbaikan berkelanjutan. 4) Dalam implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 seluruh pegawai turut terlibat dalam proses implementasinya.

English Abstract

The facts state that in the city of Malang in 2022, the number of vocational school (SMK) students was more than 33 thousand students, while the number of high school (SMA) students was only more than 19 thousand students. The high number of vocational school students in Malang City needs special attention to maintain the quality of vocational education. In Malang City, the institution specifically responsible for handling this matter is BBPPMPV BOE. To meet customer needs and improve customer satisfaction, a quality management system is highly necessary for the institution. The quality management system implemented at BBPPMPV BOE is ISO 9001:2015. The purpose of this research is to describe and analyze the content, context, processes, and actors involved in the implementation of the ISO 9001:2015 quality management system at BBPPMPV BOE in Malang City. The research conducted by the author in this study is descriptive research with a qualitative approach. In this research, the author uses interactive data analysis by Miles, Huberman, and Saldana. The results of this research show that: 1) The ISO 9001:2015 quality management system is implemented to optimize the institution's tasks and functions, with the goal of continuous improvement. The benefits include gaining customer trust and improving the quality of the institution's services. 2) There are 10 clauses of requirements in the ISO 9001:2015 quality management system. The policy basis used is in accordance with the quality guidelines of BBPPMPV BOE in 2023. Its implementation is related to educational institutions because the services provided are training programs (diklat). 3) The process involves planning, scheduling, program development, opportunity identification, and strategy creation in the planning phase. In the do phase, it involves resource mapping, monitoring processes and outcomes. The check phase includes evaluation and follow-up, measuring customer satisfaction levels, and evaluating constraints. The action phase involves continuous improvement. 4) In the implementation of the ISO 9001:2015 quality management system, all employees are involved in the implementation process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030376
Uncontrolled Keywords: Analisis, Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001:2015
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:28
Last Modified: 29 Dec 2023 08:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205893
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Ayang Elsi Fatmawaty.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item