Analisis Kepuasan dan Tingkat Kinerja Terhadap Kepentingan Pengunjung Pada Ekowisata Mangrove Wonorejo Kota Surabaya Jawa Timur.

Muliyawati, Septia Nabila and Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab,, MP (2023) Analisis Kepuasan dan Tingkat Kinerja Terhadap Kepentingan Pengunjung Pada Ekowisata Mangrove Wonorejo Kota Surabaya Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ekowisata Mangrove Wonorejo (EMW) mulai dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2010, ekowisata ini merupakan pertama di Surabaya dan terkenal. Biaya masuk EMW gratis namun dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor Rp 10.000 untuk mobil dan wisata perahu, jika ingin naik perahu biaya Rp 25.000/orang dewasa Rp 15.000/orang anak-anak. Ekosistem mangrove sangat penting, untuk menjaga keberlangsungan biota daerah mangrove serta sumberdaya ikan. Dari segi ekonomi fungsi hutan mangrove yaitu sebagai penghasil kebutuhan dan keperluan rumah tangga serta suatu industri. Untuk mempertahankan keberadaan mangrove dengan melakukan ekowisata berbasis konservasi. Keberhasilan suatu wisata tidak dapat diukur berdasarkan jumlah orang yang berkunjung, sehingga tingkat kepuasan pengunjung tetap harus dipertimbangkan. Maka dengan dilakukanya analisis kepuasan pengunjung pada EMW ini dapat digunakan untuk menentukan atribut mana yang harus diperbaiki serta, atribut mana yang membuat wisatawan merasa puas pada saat berkunjung di EMW. Tujuan dari penelitian ini (1) Mendeskipsikan sarana dan prasarana yang dimiliki ekowisata mangrove Wonorejo. (2) Mendeskripsikan karakteristik pengunjung pada ekowisata mangrove Wonorejo. (3) Menganalisis tingkat kinerja terhadap kepentingan pada ekowisata mangrove Wonorejo. (4) Menganalisis tingkat kepuasan pengunjung pada ekowisata mangrove Wonorejo Jenis data pada yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Populasi penelitian ini merupakan seluruh wisatawan yang sedang dan pernah berkunjung di EMW. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling dan jumlah pengambilan sampel berdsarkan rumus linear time function didapatkan 48 responden. Metode pengumpulan data dengan observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Variabel indikator kinerja (X1), kepentingan (X2) dan kepuasan (Y). Pengolahan data menggunakan Miicrosoft excel 2016, IBM SPSS Statistics 25. Untuk menguji instrument data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Untuk menganalisis data dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari analisis kepuasan dan tingkat kinerja terhadap kepentingan pengunjung pada ekowisata mangrove Wonorejo Kota Surabaya Jawa Timur yakni didapatkan hasil CSI 84% berada pada rentang 81% - 100 % yang berarti, secara umum indeks kepuasan pengunjung pada ekowisata mangrove Wonorejo berada pada kriteria “sangat puas”. Hasil dari metode IPA untuk prioritas utama peningkatan dan perbaikan pelayanan pada ekowisata mangrove wonorejo yaitu X.1.3 (ekowisata rapi dan bersih), X.5.2 (kru mengutamakan keselamatan wisatawan), X.5.1 (pelayanan kru yang menyenangkan dan ramah). Hasil uji instumen data uji validitas keseluruhan atribut yang dipakai adalah valid dikarenakan rhitung lebih besar dari rtabel (0,284), dengan signifikansi <0.05 yaitu sebesar 0. Hasil uji reliabilitas keseluruhan atribut yang dipakai adalah Reliabel dikarenakan nilai-nilai tersebut lebih besar dari nilai minimal Cronbach’s Alpha 0.6.

English Abstract

Wonorejo Mangrove Ecotourism (EMW) was opened as a tourist spot in 2010, this ecotourism is the first in Surabaya and is well known. The entrance fee for EMW is free but a parking fee of IDR 5,000 is charged for motorbikes, IDR 10,000 for cars and boat tours, if you want to take a boat, it costs IDR 25,000/adult, IDR 15,000/child. Mangrove ecosystems are very important, to maintain the sustainability of mangrove area biota and fish resources. From an economic perspective, the function of mangrove forests is to produce household needs and needs as well as an industry. To maintain the existence of mangroves by conducting conservation-based ecotourism. The success of a tour cannot be measured based on the number of people who visit, so the level of visitor satisfaction must still be considered. So by doing an analysis of visitor satisfaction at EMW it can be used to determine which attributes need to be improved as well as which attributes make tourists feel satisfied when visiting EMW. The aims of this research are (1) to describe the facilities and infrastructure owned by the Wonorejo mangrove ecotourism. (2) Describe the characteristics of visitors to the Wonorejo mangrove ecotourism. (3) Analyze the level of performance on interests in the Wonorejo mangrove ecotourism. (4) Analyze the level of visitor satisfaction on the Wonorejo mangrove ecotourism The type of data used in this study is descriptive quantitative, the data sources used are primary data and secondary data. The population of this study is all tourists who are and have visited EMW. This study used accidental sampling technique and the number of samples taken based on the linear time function formula obtained 48 respondents. Methods of data collection by observation, questionnaires, interviews and documentation. Performance indicator variables (X1), interest (X2) and satisfaction (Y). Data processing uses Miicrosoft excel 2016, IBM SPSS Statistics 25. To test data instruments use validity and reliability tests. To analyze data using the Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI) methods. The results of the analysis of satisfaction and the level of performance on the interests of visitors to the Wonorejo mangrove ecotourism in Surabaya, East Java, namely the 84% CSI results are in the range of 81% - 100%, which means that in general the visitor satisfaction index at the Wonorejo mangrove ecotourism is in the criteria of "very satisfied”. The results of the IPA method for the main priority of improving and improving services in Wonorejo mangrove ecotourism are X.1.3 (neat and clean ecotourism), X.5.2 (crew prioritizes tourist safety), X.5.1 (fun and friendly crew service). The results of the instrument test data validity test for all attributes used are valid because rcount is greater than rtable (0.284), with a significance <0.05 which is equal to 0. The results of the reliability test for all attributes used are reliable because these values are greater than Cronbach's minimum value Alpha 0.6.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080690
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:26
Last Modified: 09 Jan 2024 08:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205878
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Septia Nabila Muliyawati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item