Iramaidha, Audilia Ersa and Agung N. L. I. Fahrudi, S.AB., M.Bus.Sys.Pro, Ph.D. (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Kepatuhan Pajak Pertambahan Nilai Pada UKM Pengguna Marketplace (Survei Pada UKM Yang Menggunakan Aplikasi Shopee). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Di perkembangan era 4.0 ini, maraknya bisnis memanfaatkan teknologi yang memudahkan UKM (Usaha Kecil Menengah), sehingga memberikan kontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) di Indonesia. Terjadinya transformasi ekonomi digital mengalami peningkatan di masa pandemi Covid-19 yang mana menjadi hal penting dalam kegiatan bisnis. Namun, pemerintah perlu menerapkan PPN PMSE mengenai transaksi elektronik, khususnya bagi UKM pengguna marketplace pada aplikasi Shopee dalam pemenuhan pencapaian target kepatuhan pajak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor apa saja yang memengaruhi niat kepatuhan pajak pada UKM pengguna Shopee di Indonesia menggunakan Theory of Planned Behavior dengan dua tambahan variabel pengetahuan pajak dan patriotisme. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan survei online melalui google form ke 166 responden. Analisis data yang digunakan yaitu metode SEM-PLS dengan bantuan tools SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, pengetahuan pajak, dan patriotisme berpengaruh signifikan terhadap niat kepatuhan pajak. Namun, tidak ada pengaruh signifikan antara variabel norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat kepatuhan pajak.
English Abstract
In the development of the 4.0 era, businesses are increasingly utilizing technology that makes it easier for SMEs (Small and Medium Enterprises), thus contributing to GDP (Gross Domestic Product) in Indonesia. The occurrence of digital economic transformation has increased during the Covid-19 pandemic which has become important in business activities. However, the government needs to apply PMSE VAT regarding electronic transactions, especially for SMEs using marketplaces on the Shopee application in meeting the achievement of tax compliance targets in Indonesia. This study aims to examine what factors influence tax compliance intentions of SMEs who use Shopee in Indonesia using the Theory of Planned Behavior with two additional variables of tax knowledge and patriotism. This study used a quantitative method by distributing an online survey via Google form to 166 respondents. The data analysis used is the SEM-PLS method with the help of SmartPLS 3.0 tools. The results of this study indicate that attitude, tax knowledge, and patriotism have a significant effect on tax compliance intentions. However, there is no significant effect between subjective norms and perceived behavioral control on tax compliance intentions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030367 |
Uncontrolled Keywords: | Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku, Pengetahuan Pajak, Patriotisme, UKM Shopee |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 07:14 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 07:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205865 |
![]() |
Text (DALAM MASA MEMBARGO)
AUDILIA ERSA IRAMAIDHA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |