Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, dan Tingkat Kepercayaan pada Pemerintah terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di Kota Batu (Studi Pada Wajib Pajak PBB-P2 Di Kota Batu).

Mahardika, Arya Restu and Prof. Dr. Kadarisman Hidayat, M.Si and Dewi Noor Fatikhah Rokhimakhumullah, ,SE., MSA., Ak (2023) Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, dan Tingkat Kepercayaan pada Pemerintah terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di Kota Batu (Studi Pada Wajib Pajak PBB-P2 Di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) merupakan salah satu sumber pajak daerah yang berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batu. Namun, tingkat pembayaran SPPT PBB-P2 oleh wajib pajak masih menunjukkan angka yang rendah. Hal ini mengindikasikan bahwa tingkat kepatuhan wajib pajak PBB-P2 di Kota Batu belum optimal, yang berdampak pada penerimaan PBB-P2 yang tidak maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh pemahaman wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB-P2 di Kota Batu (2) Mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB-P2 di Kota Batu (3) Mengetahui pengaruh tingkat kepercayaan pada pemerintah terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB-P2 di Kota Batu. Jenis penelitian ini merupakan explanatory research dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wajib PBB-P2 di Kota Batu. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 106 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jenis sampling insidental. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman wajib pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB-P2, sedangkan kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB-P2, dan tingkat kepercayaan pada pemerintah berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB-P2.

English Abstract

The Rural and Urban Land and Building Tax (PBB-P2) is one of the local tax sources that contributes to the Local Revenue (PAD) of Batu City. However, the payment rate of PBB-P2's Tax Due Notification Letter (SPPT) by taxpayers still shows a low number. This indicates that the compliance level of PBB-P2 taxpayers in Batu City is not yet optimal, which affects the maximum revenue collection of PBB-P2. The purpose of this study are: (1) To determine the influence of taxpayers' understanding on taxpayers' compliance in paying PBB-P2 in Batu City, (2) To determine the influence of taxpayers' awareness on taxpayers' compliance in paying PBB-P2 in Batu City, (3) To determine the influence of the level of trust in the government on taxpayers' compliance in paying PBB-P2 in Batu City. This research use explanatory research with quantitative method. The population in this study is all PBB-P2 taxpayers in Batu City. The sample size used in this study is 106 respondents. The sampling technique used in this study is non-probability sampling with an incidental sampling type. The data analysis used includes descriptive statistics and multiple linear regression. The results of this study indicate that taxpayers' understanding does not have a significant effect on taxpayers' compliance in paying PBB-P2, while taxpayers' awareness has a significant effect on taxpayers' compliance in paying PBB-P2, and the level of trust in the government has a significant effect on taxpayers' compliance in paying PBB-P2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030361
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak, PBB-P2, Pemahaman, Kesadaran, Tingkat Kepercayaan pada pemerintah
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:32
Last Modified: 28 Dec 2023 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205853
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Arya Restu Mahardika.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item