Tata Kelola Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Dynamic Governance (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)

Zerra, Arinda Shinta and Dr. Ainul Hayat, S.Pd, M.Si and Martina Purwaning Diah, S.AP., M.AP (2023) Tata Kelola Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Dynamic Governance (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tata kelola pelayanan administrasi kependudukan sangat krusial karena merupakan kunci keberhasilan dalam kesejahteraan masyarakat. Pelayanan administrasi kependudukan berbasis tata kelola dinamis merupakan suatu konsep manajemen pelayanan publik yang melibatkan partisipasi seluruh anggota organisasi. Kabupaten Malang merupakan daerah dengan wilayah terluas kedua di Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi dengan wilayah geografis yang tersebar sehingga menyulitkan masyarakat dalam pengurusan dokumen administrasi kependudukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kondisi tata kelola pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan yang berbasis pada pemerintahan yang dinamis, dan faktor penghambat dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Kabupaten Malang. Sedangkan lokasinya berada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen terkait. Hasil penelitian menggambarkan penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berdasarkan prinsip manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengerahan, dan pengawasan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil belum berhasil mewujudkan tata kelola pelayanan administrasi berbasis tata kelola yang dinamis dengan menggunakan unsur berfikir ke depan, berfikir ulang, dan berfikir melampaui batas. Begitu juga dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan yang dijalankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang memiliki beberapa faktor penghambat seperti sumber daya manusia, anggaran, dan sistem jaringan yang kurang memadai dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan dengan berbagai inovasi yang ada.

English Abstract

Governance of population administration services is very crucial because the key to success in managing population administration documents that are important for the community. Dynamic governance-based population administration services is a concept of public service management that involves the active participation of all members of the organization with high principles of transparency and accountability. Malang Regency is the area with the second largest area in East Java after Banyuwangi Regency with scattered geographical areas, making it difficult for the community to manage population administration documents. The purpose of this study is to describe and analyze the condition of population administration service governance at the Malang Regency Population and Civil Registration Office, population administration service governance based on dynamic governance, and inhibiting factors in the governance of population administration services at the Malang Regency Population and Civil Registration Office. This research uses a type of descriptive research with a qualitative approach. This research is in Malang Regency. While the site is at the Population and Civil Registration Office of Malang Regency. The data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The data sources used are primary data which is obtained from interviews and secondary data obtained from related documents. The results of the study describe the governance of population administration services carried out by the Population and Civil Registration Office based on management principles, namely planning, organizing, mobilizing, and supervising. The Population and Civil Registration Office manages to be able to make administrative service governance based on dynamic governance by using elements of forward thinking, rethinking, and thinking beyond borders. As well as in the governance of population administration services run by the Population and Civil Registration Office of Malang Regency has several inhibiting factors such as human resources, budget, and network systems that are inadequate in the governance of population administration services with various existing innovations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030356
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola, Dynamic Governance, Pelayanan Administrasi Kependudukan
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:32
Last Modified: 28 Dec 2023 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205830
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Arinda Shinta Zerra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item