Analisis Pengaruh Brand Awareness, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di Kabupaten Ngawi dan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Ikan Sarden ABC

Mardiyah, Rofi’ngatul and Dr. Zainal Abidin,, S.Pi, MBA, MP (2023) Analisis Pengaruh Brand Awareness, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di Kabupaten Ngawi dan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Ikan Sarden ABC. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri perikanan pada saat ini diartikan sebagai bisnis kelas internasional tingginya permintaan pasar oleh konsumen. Hal tersebut diiringi dengan perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, sosial budaya sehingga pola pikir masyarakat semakin berkembang pesat. Dari pola pikir tersebut akhirnya mengubah gaya hidup masyarakat di Indonesia maupun mancanegara mengalami perubahan yang signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan pada industri makanan. Dengan karakteristik produk perikanan yang mudah rusak, maka dilakukan upaya pengalengan untuk mengawetkan makanan. Dari banyaknya merek ikan kaleng (canned fish) dapat dijadikan referensi untuk konsumen dalam menentukan pilihannya. Ikan kaleng ABC merupakan salah satu jenis makanan kalengan yang dapat menjadi alternatif lauk pauk saat waktu mendesak. Ikan kaleng ABC aman untuk dikonsumsi dan banyak akan kandungan gizinya. Ikan kaleng ABC di kemas dalam suatu wadah kaleng yang kedap air, mikroba udara, serta benda asing lainnya. Pengemasan ikan kaleng ABC ini memungkinkan ikan kaleng ABC terhindar dari perubahan kadar air, perubahan cita rasa, kebusukan, serta kerusakan yang diakibatkan oleh oksidasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek terhadap kepuasan konsumen produk Ikan Sarden ABC, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen produk Ikan Sarden ABC, untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk Ikan Sarden ABC, untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian produk Ikan Sarden ABC, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk Ikan Sarden ABC, untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Ikan Sarden ABC, dan untuk mengetahui dan menganalisis peran keputusan pembelian dalam memediasi hubungan dari kesadaran merek, harga, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Ikan Sarden ABC. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2023 di Kabupaten Ngawi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 126 responden dengan kriteria pernah melakukan pembelian produk Ikan Sarden ABC minimal 1x dalam kurun waktu satu tahun terakhir dengan kriteria usia minimal 17 tahun. Adapun analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan WarpPLS SEM Method serta analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand awareness, harga dan kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand awareness, harga dan kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Keputusan pembelian sebagai variabel mediasi tidak mampu memutuskan brand awareness dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, sedangakan keputusan pembelian sebagai variabel mediasi mampu memutuskan harga terhadap kepuasan konsumen, serta keputusan pembelian sebagai variabel mediasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Saran yang diberikan adalah perusahaan harus mempertahankan strategi pemasaran dengan pendekatan variabel brand awareness, harga dan kualitas produk agar lebih mampu untuk memberikan kepuasan konsumen dan menciptakan keputusan pembelian berulang dari konsumen. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar menggunakan variabel yang berbeda dengan peneliti atau memperluas variabel - variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan penelitian selanjutnya disarankan untuk mengambil sampel yang lebih banyak dan memperluas cakupan penelitian. Hal ini bertujuan untuk keakuratan data yang lebih baik dalam penelitian.

English Abstract

The fishing industry is currently defined as an international-class business with high market demand by consumers. This is accompanied by developments in technology, science, socio-culture so that the mindset of the people is growing rapidly. From this mindset, eventually changing the lifestyle of people in Indonesia and abroad experienced significant changes. This can be seen from developments in the food industry. With the characteristics of fishery products that are easily damaged, canning efforts are made to preserve food. Of the many brands of canned fish (canned fish) can be used as a reference for consumers in making their choices. ABC canned fish is one type of canned food that can be an alternative side dish when time is urgent. ABC canned fish is safe for consumption and has lots of nutritional content. ABC canned fish is packed in a tin container that is waterproof, airborne microbes, and other foreign objects. The packaging of ABC canned fish allows ABC canned fish to be protected from changes in moisture content, changes in taste, spoilage, and damage caused by oxidation. This study aims to determine the effect of brand awareness on customer satisfaction of ABC Sardines products, to determine the effect of price on consumer satisfaction of ABC Sardines products, to determine the effect of product quality on customer satisfaction of ABC Sardines products, to determine the effect of brand awareness on product purchasing decisions Sardines ABC, to determine the effect of price on purchasing decisions for products Sardines ABC, to determine the effect of product quality on purchasing decisions for Sardines ABC products, and to determine and analyze the role of purchasing decisions in mediating the relationship of brand awareness, price, and product quality to ABC Sardines consumer satisfaction. This research was conducted in March-April 2023 in Ngawi Regency using a quantitative descriptive approach. The sample used in this study amounted to 126 respondents with the criteria of having purchased ABC Sardines at least once in the past year with a minimum age of 17 years. The data analysis used is by using the WarpPLS SEM Method and descriptive analysis. The results of this study indicate that brand awareness, price and product quality have a significant influence on purchasing decisions. Brand awareness, price and product quality have a significant influence on consumer satisfaction. Purchasing decisions as a mediating variable are not able to determine brand awareness and product quality on consumer satisfaction, while purchasing decisions as a mediating variable are able to determine prices on consumer satisfaction, and purchasing decisions as a mediating variable have a significant influence on customer satisfaction. The advice given is that companies must maintain a marketing strategy with a variable approach to brand awareness, price and product quality so that they are better able to provide customer satisfaction and create repeat purchase decisions from consumers. For further research, it is expected to use variables that are different from the researchers or expand the variables that are not included in this study so as to obtain maximum results and further research is advised to take more samples and expand the scope of research. This aims for better data accuracy in research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080670
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:58
Last Modified: 04 Jan 2024 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205811
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rofi'ngatul Mardiyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item