Implementasi Program SMK Mini Dalam Menciptakan Kewirausahaan (Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan El-Hayat di Pondok Pesantren Kota Malang)

Cahyaningrum, Ardhiya Hanindiyaswari and Dr. Lely Indah Mindarti, M.Si and Erlita Cahyasari, S.AP., M.AP (2023) Implementasi Program SMK Mini Dalam Menciptakan Kewirausahaan (Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan El-Hayat di Pondok Pesantren Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sekolah bukan hanya tempat untuk mencari ilmu yang selanjutnya setelah lulus adalah mencari pekerjaan, melainkan sekolah adalah tempat untuk mencari ilmu dan selanjutnya dapat mengaplikasikannya di lapangan dan lingkungan masyarakat. Bukan hanya mengisi lapangan pekerjaan, tetapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang jumlahnya saat ini masih belum sebanding dengan jumlah penduduk di Indonesia. Salah satu lembaga yang menyiapkan lulusannya untuk memiliki keunggulan di dunia kerja, diantaranya melalui jalur pendidikan kejuruan. Pendidikan kejuruan yang ada di Indonesia adalah sekolah menengah kejuruan (SMK). Lulusan pendidikan kejuruan seharusnya memang menghasilkan kualifikasi sebagai calon tenaga kerja yang memiliki keterampilan vokasional tertentu sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan ketenagakerjaan salah satunya adalah pengangguran. Kewirausahaan merupakan salah satu alternatif dalam memecahkan masalah pengangguran Pembelajaran mengenai kewirausahaan di SMK perlu ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Program untuk mengatasi hal tersebut adalah Program SMK Mini. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis implementasi program SMK Mini dalam menciptakan kewirausahaan serta faktor pendukung dan penghambatnya dengan fokus penelitian menurut Charles O’ Jones yang meliputi pengorganisasian, interpretasi, dan penerapan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa implementasi program SMK Mini dalam menciptakan kewirausahaan dari mulai penerapan hingga dampaknya terhadap Siswa-siswi SMK El-Hayat dan masyarakat sekitar berjalan lancar dan memberikan hasil yang positif bagi sasaran program. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur selaku penanggung jawab program memiliki sinergi yang baik dengan SMK El-Hayat selaku pelaksana program. Pendampingan program, pelaksanaan bimbingan teknis, hingga penerapan program berjalan baik dan selalu dalam pengawasan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Siswa-siswi SMK El-Hayat dan masyarakat sekitar merespon baik dengan program ini karena selain membantu perekonomian pribadi, juga mendapat fasilitas gratis salah satu nya adalah latihan merajut dan servis kendaraan bermotor.

English Abstract

School is not only a place to seek knowledge and after graduation is to look for a job, but school is a place to seek knowledge and then be able to apply it in the field and society. Not only filling jobs, but also being able to create jobs, the number of which is currently still not comparable to the population in Indonesia. One of the institutions that prepares graduates to have excellence in the world of work, including through vocational education. Vocational education in Indonesia is a vocational high school (SMK). Vocational education graduates should indeed produce qualifications as prospective workers who have certain vocational skills in accordance with their areas of expertise which aim to overcome employment problems, one of which is unemployment. Entrepreneurship is an alternative in solving the problem of unemployment. Learning about entrepreneurship in Vocational High Schools needs to be supported with adequate facilities and infrastructure. The program to overcome this is the Mini SMK Program. The research method used is a qualitative research method. The purpose of this study is to describe and analyze the implementation of the Mini Vocational School program in creating entrepreneurship as well as the supporting and inhibiting factors with a research focus according to Charles O'Jones which includes organizing, interpreting, and implementing. The results of this study found that the implementation of the Mini Vocational High School program in creating entrepreneurship from its implementation to its impact on El-Hayat Vocational High School students and the surrounding community ran smoothly and provided positive results for program targets. The East Java Provincial Education Office as the person in charge of the program has a good synergy with El-Hayat Vocational School as the program implementer. Program assistance, implementation of technical guidance, to implementation of the program runs well and is always under the supervision of the East Java Provincial Education Office. El-Hayat Vocational School students and the surrounding community responded well to this program because apart from helping their personal economy, they also received free facilities, one of which was knitting training and servicing motorized vehicles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030352
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program, SMK Mini, Kewirausahaan
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:53
Last Modified: 28 Dec 2023 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205806
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
ARDHIYA HANINDIYASWARI CAHYANINGRUM.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item