Shinta, Annisa Delia Prasnama and Rosalita Rachma Agusti, SE., MSA, Ak (2023) Pengaruh Bias Media terhadap Motivasi Membayar Pajak (Studi di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Isu penghindaran pajak, masih menjadi perhatian pemerintahan Indonesia saat ini. Kecenderungan wajib pajak untuk patuh terhadap kewajiban perpajakannya hanya ketika mendapatkan dorongan eksternal, membuat tingkat kepatuhan yang dimiliki tidak bertahan dalam jangka panjang. Untuk menciptakan kepatuhan pajak yang berkelanjutan di Indonesia, upaya peningkatan kepatuhan pajak ini perlu mempertimbangkan peningkatan dari segi motivasi internal wajib pajak. Pada era digitalisasi saat ini, penyebaran informasi menjadi semakin cepat dengan adanya peran dari media sosial. Namun, kecenderungan media sosial dalam mempublikasikan berita yang bersifat negatif pada kenyataannya berhasil membawa pengaruh kepada perilaku individu, termasuk berita terkait pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bias media (baik negatif maupub positif) terhadap motivasi untuk membayar pajak, serta melihat apakah terdapat perbedaan respon pada kelompok gender yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen kepada 60 partisipan yang berlokasi di Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bias media negatif dan positif memiliki pengaruh terhadap motivasi untuk membayar pajak. Selain itu, adanya perbedaan gender juga memengaruhi perbedaan respon motivasi wajib pajak untuk membayar pajak saat terpapar bias media positif. Sebaliknya, perbedaan respon ini tidak terbukti signifikan pada paparan bias media negatif.
English Abstract
The issue of tax avoidance is still a concern for the current Indonesian government. The tendency of taxpayers to comply with their tax obligations only when they receive external encouragement makes the level of compliance they have does not last in the long term. To create sustainable tax compliance in Indonesia, efforts to increase tax compliance to consider improvements in terms of internal taxpayer motivation. In the current era of digitalization, information dissemination has become faster with the role of social media. However, the tendency of social media to publish negative news has in fact managed to influence individual behavior, including tax related news. This study aims to examine the effect of media bias (both negative and positive) on motivation to comply with taxes, and to see if there are differences in responses in different gender groups. This study uses quantitative research methods. Data collection in this study was carried out by experimental method to 60 research subjects located in Malang City. The results of this study indicate that negative and positive media bias have an influence on motivation to comply with taxes. In addition, the existence of gender differences also affects the differences in taxpayer motivation responses to comply with taxes when exposed to positive media bias. In contrast, this response difference does not prove significant on exposure to negative media bias.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030345 |
Uncontrolled Keywords: | Bias Media, Motivasi Membayar Pajak, dan Psychological Contract Theory. |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 02:51 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 02:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205780 |
![]() |
Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Annisa Delia Prasnama Shinta.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |