Implementasi Program Sekolah Penggerak Untuk Capaian Hasil Belajar Siswa (Studi pada SMPN 1 Penajam Paser Utara).

Rahmawati, Anintia and Dr. Drs. Siswidiyanto, MS and I Gede Eko Putra S.S., S.AP, M.AP. Ph.D (2023) Implementasi Program Sekolah Penggerak Untuk Capaian Hasil Belajar Siswa (Studi pada SMPN 1 Penajam Paser Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, Pemerintah dalam hal ini khususnya Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan berbagai macam Program Pendidikan. Salah satu program pendidikan yang diselenggarakan ialah Program Sekolah Penggerak. Berdasarkan Kepmendikbud Nomor 1177/M/2020, Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Program Sekolah Penggerak bertujuan untuk mewujudkan visi pendidikan indonesia yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi dan mendeskripsikan bagaimana implementasi Program Sekolah Penggerak di SMPN 1 Penajam Paser Utara serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Program Sekolah Penggerak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Kabupaten Penajam Paser Utara, sedangkan situs penelitian berada di SMPN 1 Penajam Paser Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Sekolah Penggerak di SMPN 1 Penajam Paser Utara sudah berjalan dengan baik karena program sekolah penggerak telah memberikan manfaat dan memberikan perubahan pada proses pembelajaran serta kemampuan siswa dalam menerima materi pembelajaran. Adapun Faktor Pendukung Internal berupa komitmen Kepala Sekolah dan Guru dan faktor eksternal yaitu dukungan Kemendikbud dengan pelatihan-pelatihan. Sedangkan faktor penghambat Internal yaitu sulitnya mengubah mindset guru dan faktor eksternal yakni referensi soal dan latihan yang masih kurang.

English Abstract

In an effort to improve the quality of education, the Government in this case especially the Ministry of Education, Culture, Research and Technology organizes various kinds of Education Programs. One of the educational programs held is the Sekolah Penggerak Program. Based on Kepmendikbud Number 1177/M/2020, Sekolah Penggerak are schools that focus on developing student learning outcomes holistically by realizing the Pancasila Student Profile which includes competence and character starting with superior human resources (principals and teachers). The Sekolah Penggerak program aims to realize the vision of Indonesian education, namely to realize an advanced Indonesia that is sovereign, independent, and has personality through the creation of Pancasila Students who are critical, creative, independent, faithful, fearful of God Almighty, and have noble character, work together, and have global diversity. This study aims to find out and describe how the implementation of Sekolah Penggerak Program at SMPN 1 Penajam Paser Utara as well as the supporting and inhibiting factors in the implementation of Sekolah Penggerak Program. This research uses descriptive research with a qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The research location is in Penajam Paser Utara Regency, while the research site is at SMPN 1 Penajam Paser Utara. The results showed that the implementation of Sekolah Penggerak Program at SMPN 1 Penajam Paser Utara had gone well because Sekolah Penggerak Program had provided benefits and made changes to the learning process and students' ability to accept learning material. The Internal Supporting Factors are in the form of the commitment of the Principal and Teachers and external factors, namely the support of the Ministry of Education and Culture with training. While the internal inhibiting factors are the difficulty of changing the teacher's mindset and external factors, namely the lack of reference questions and exercises.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030340
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Sekolah Penggerak
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:27
Last Modified: 27 Dec 2023 04:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205769
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
ANINTIA RAHMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item