Pengaruh Citra Destinasi, Motivasi Wisatawan dan Kepuasan Wisatawan pada Keinginan Berkunjung Kembali (Survei pada Wisatawan Jawa Timur Park

Kartika, Anggit and Dr. Dra. Maria Goretti Wi Endang N.P., M.Si (2023) Pengaruh Citra Destinasi, Motivasi Wisatawan dan Kepuasan Wisatawan pada Keinginan Berkunjung Kembali (Survei pada Wisatawan Jawa Timur Park. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keinginan berkunjung kembali pada destinasi wisata dianalogikan seperti loyalitas pelanggan terhadap suatu produk setelah membeli produk tersebut. Keinginan berkunjung kembali merupakan hal yang sangat krusial dalam pengembangan destinasi wisata karena biaya untuk menarik pengunjung sudah pernah berkunjung lebih murah dari pengunjung baru. Keinginan berkunjung kembali merupakan hal yang sangat krusial dalam pengembangan destinasi wisata karena biaya untuk menarik pengunjung sudah pernah berkunjung lebih murah dari pengunjung baru. Hal-hal yang dapat mempengaruhi keinginan berkunjung kembali yaitu citra destinasi, motivasi wisatawan dan kepuasan wisatawan saat mengunjungi destinasi wisata Jawa Timur Park 3. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Peelitian ini befokus untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra destinasi, motivasi wisatawan dan kepuasan wisatawan pada keinginan berkunjung kembali. Lokasi penelitian ini berada pada Jawa Timur Park 3. Terdapat dua sumber yaitu melalui primer dan sekunder. Data diperoleh dengan cara melakukan menyebarkan angket pada wisatawan yang mengunjungi Jawa Timur Park 3. Data dianalisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi, uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variable citra destinasi (X1) memiliki pegaruh signifikan secara parsial tehadap variable keinginan berkunjung kembali (Y) wisatawan Jawa Timur Park 3, variable motivasi wisatawan (X2) tidak berpengaruh secara parsial terhadap variable keinginan berkunjung kembali (Y) wisatawan Jawa Timur Park 3 dan variable kepuasan wisatawan (X3) berpengaruh secara parsial terhadap variable keinginan berkunjung kembali (Y). Variabel citra destinasi (X1), motivasi wisatawan (X2) dan kepuasan wisatawan (X3) memiliki pengaruh signifikan secara simultan atau bersamasama terhadap variable keinginan berkunjung kembali (Y).

English Abstract

Revisit Intention to tourist destinations is analogous to: customer loyalty to a product after purchasing the product. Revisit intention is very crucial in the development of tourist destinations because the cost of attracting visitors who have visited is cheaper than new visitors. Revisit intention is very crucial in the development of tourist destinations because the cost of attracting visitors who have visited is cheaper than new visitors. Things that can influence the desire to visit again are destination image, tourist motivation and tourist satisfaction when visiting tourist destinations Jawa Timur Park 3. This research uses descriptive research with a quantitative approach. This research focuses on knowing how the influence of destination image, tourist motivation and tourist satisfaction on the desire to visit again. The location of this research is in Jawa Timur Park 3. There are two sources, namely through primary and secondary. Data were obtained by distributing questionnaires to tourists visiting Jawa Timur Park 3. Data were analyzed descriptively, classical assumption test, multiple linear regression analysis, correlation analysis, t test. The results of this study indicate that the destination image variable (X1) has a partially significant effect on the variable of intention to revisit (Y) tourists in East Java Park 3, the variable of tourist motivation (X2) has no partial effect on the variable of intention to return (Y) tourists Jawa Timur Park 3 and the tourist satisfaction variable (X3) have a partial effect on the Revisit Intention variable (Y). Destination image variables (X1), tourist motivation (X2) and tourist satisfaction (X3) have a significant influence simultaneously or together on the variable of Revisit Intention(Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030338
Uncontrolled Keywords: Citra Destinasi, Motivasi Wisatawan, Kepuasan Wisatawan. Kuantitatif, Keinginan berkunjung kembali
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:27
Last Modified: 27 Dec 2023 04:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205748
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Anggit Kartika.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item