Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2019/2020, 2020/2021, 2021/2022, dan 2022/2023)

Wardhani, Aminda Yulia and Prof. Drs. Achmad Fauzi D.H., M.A (2023) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2019/2020, 2020/2021, 2021/2022, dan 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2019/2020, 2020/2021, 2021/2022, dan 2022/2023)”. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan adanya pengaruh variabel konsep Bauran Pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi baik secara simultan maupun parsial terhadap Variabel Terikat yaitu Keputusan Pembelian. Bauran Pemasaran merupakan seperangkat variabel pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi sebagai alat implementasi strategi pemasaran untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research melalui pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2019/2020, 2020/2021, 2021/2022, dan 2022/2023, berusia minimal 17 tahun dan pernah membeli produk Skintific minal sebanyak dua kali. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS 25 for Windows dengan metode pengumpulan sampel purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Uji Simultan (Uji-F) diperoleh nilai 0,000 < 0,05 dari seluruh konsep sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan pada Variabel Bauran Pemasaran berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Pada Uji Parsial (Uji-t) seluruh variabel Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Hasil Koefisiendi Determinasi (R2) Bauran Pemasaran diperoleh 62,2% dengan sisa 37,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini berguna untuk perusahaan melaksanakan aktivitas pemasarannya.

English Abstract

This research entitled “The Influence of Marketing Mix on Skintific Product Purchase Decision (Survey on Undergraduate Student of Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2019/2020, 2020/2021, 2021/2022, dan 2022/2023)”. The purpose of this research is to explain the variable influence of Marketing Mix Concept both simultanneousely and partially on Dependent Variable Skintific product Purchase Decision. Marketing Mix is a set of marketing variables consisting of product, price, promotion, and distribution as a tool for implementing marketing strategies to influence consumer behavior. The type of research used is Explanatory Research through a quantitative approach. The number of samples used in this study were 116 respondents from Bachelor of Administrative Sciences, Universitas Brawijaya, Batch 2019/2020, 2020/2021, 2021/2022, and 2022/2023, at least 17 years old and had purchased Skintific minimal products twice. The method of data analysis in this study used SPSS 25 for Windows software with a purposive sampling method of collecting samples. Data analysis used is descriptive analysis and multiple linear analysis. The results showed that the results of the Simultaneous Test (F-Test) obtained a value of 0.000 <0.05 for all concepts so that H0 was rejected and Ha was accepted. It is concluded that the Marketing Mix Variables have a simultaneous effect on Purchasing Decisions. In the Partial Test (t-test) all variables of Product, Price, Distribution, and Promotion have a partially positive and significant influence on Purchasing Decisions. The results of the Coefficient of Determination (R2) Marketing Mix obtained 62.2% with the remaining 37.8% influenced by other variables not examined. This is useful for companies carrying out their marketing activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030327
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Distribusi, Promosi, dan Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:00
Last Modified: 22 Dec 2023 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205696
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Aminda Yulia Wardhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item