Kinerja Keuangan Dan Non Keuangan Usaha Budidaya Ikan Hias Pada UMKM Mardika Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

Simamora, Rano Barita P. and Dr. Tiwi Nurjannati Utami,, S.Pi., M.M (2023) Kinerja Keuangan Dan Non Keuangan Usaha Budidaya Ikan Hias Pada UMKM Mardika Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan hias air tawar merupakan salah satu komoditas perikanan yang mampu menyumbang devisa negara dalam jumlah besar. Oleh karena itu, peluang ekspor ikan hias air tawar sangat besar. Hampir 75% pasokan ikan hias adalah air Air tawar dunia berasal dari Indonesia dan sedikitnya 363 spesies ikan hias air tawar Indonesia telah diekspor ke negara-negara di seluruh dunia. UMKM Mardika yang terletak di kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara salah satu pelaku usaha yang perlu melakukan analisis laporan keuangan, karena laporan keuangan digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan, membandingkan pencapaian tahun sebelumnya dengan tahun ini, dan melihat apakah perusahaan berkembang, sehingga perusahaan dapat mempertimbangkan keputusan masa depan berdasarkan kinerja tahunan perusahaan. Namun, aspek keuangan kuat bukanlah indikator mutlak dari kinerja perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan juga analisis terhadap kinerja non keuangan agar pelaku usaha dapat mengantisipasi hal buruk apa yang akan terjadi kedepannya. Karena kedua kinerja tersebut saling berhubungan satu sama lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan dan non keuangan pada usaha budidaya ikan hias di UMKM Mardika Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Serta merumuskan strategi untuk meningkatkan kinerja keuangan dan non keuangan pada usaha budidaya ikan hias tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Terdapat dua bentuk data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dengan jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang didapat langsung dari lokasi penelitian yang berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder merupakan data yang didapat melalui tinjauan pustaka yang terkait. Data sekunder pada penelitian ini berupa keadaan umum lokasi penelitian. Penentuan sampel menggunakan metode Purposive Sampling dengan menargetkan siapa yang akan menjadi narasumber sesuai dengan tujuan penelitian. Dengan sampel penelitian yaitu pemilik UMKM Mardika, karyawan serta pelanggan. Terdapat tiga metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah engan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif serta melakukan analisis SWOT dalam menentukan strategi yang digunkana dalam peningkatan kinerja usaha. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan didapati bahka kinerja keuangan pada usaha budidaya ikan hias dapat dikatakan baik karena pengukuran perspektif keuangan memiliki nilai ROI sebesar 180%, Profit Margin sebesar 72% dan Operating Ratio sebesar 11,2. Sedangkan pada kinerja non keuangan UMKM Mardika masih belum seluruhnya dalam keadaan baik pada tiap perspektifnya. Pada perspektif pelanggan mendapatkan hasil Customer Retention sebesar 76% dan Customer Acquisition sebesar 24%. Pada perspektif bisnis internal mendapatkan hasil inovasi produk sebesar 0% dan Program Implementation sebesar 100%. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mendapatkan hasil produktifitas karyawan sebesar Rp 161.942.667 dan tingkat retensi karyawan sebesar 0. Setelah melakukan perhitungan kinerja pada usaha budidaya ikan hias, selanjutnya melakukan analisis strategi guna mengetahui strategi apa yang akan dilakukan dalam pengembangan usaha. Strategi peningkatan kinerja keuangan dan non keuangan dalam usaha budidaya ikan hias UMKM Mardika dengan menggunakan analisis SWOT berada pada kuadran yang pertama yaitu Growth Strategy (strategi pertumbuhan) yang ditujukan untuk mencapai pertumbuhan, baik dalam kinerja keuangan maupun kinerja non keuangan. Diharapkan UMKM Mardika melakukan peningkatan penggunaan modal, peningkatan produktifitas karyawan, melakukan promosi dalam rangka memperluas jangkauan bisnis serta penambahan karyawan dalam guna meningkatkan produktifitas usaha.

English Abstract

Freshwater ornamental fish is a fishery commodity that is able to contribute large amounts of foreign exchange. Therefore, the opportunity to export freshwater ornamental fish is very large. Nearly 75% of the world's freshwater ornamental fish supply comes from Indonesia and at least 363 Indonesian freshwater ornamental fish species have been exported to countries all over the world. Mardika MSMEs which is located in Tanjung Morawa sub-district, Deli Serdang Regency, North Sumatra is one of the business actors who need to carry out financial statement analysis, because financial reports are used to evaluate company performance, compare previous year's achievements with this year's, and see whether the company is developing, so that the company can consider future decisions based on the company's annual performance. However, a strong financial aspect is not an absolute indicator of company performance. Therefore, an analysis of non-financial performance is also needed so that business actors can anticipate what bad things will happen in the future. Because the two performances are related to each other. The purpose of this study was to analyze the financial and non-financial performance of ornamental fish farming at the Mardika MSMEs, Tanjung Morawa District, Deli Serdang Regency, North Sumatra. As well as formulating strategies to improve financial and non-financial performance in the ornamental fish cultivation business. This research is a descriptive research with qualitative and quantitative methods. There are two forms of data, namely qualitative data and quantitative data with types of data, namely primary data and secondary data. Primary data is data obtained directly from the research location in the form of observations, interviews and documentation. While secondary data is data obtained through a review of related literature. Secondary data in this study was in the form of the general condition of the research location. Determination of the sample using the Purposive Sampling method by targeting who will be the informant in accordance with the research objectives. With the research sample, namely Mardika MSME owners, employees and customers. There are three methods of data collection, namely observation, interviews and documentation. The data analysis used was qualitative descriptive analysis and quantitative descriptive analysis and SWOT analysis was used to determine the strategy used to improve business performance. The results of the research that has been done found that the financial performance of the ornamental fish farming business can be said to be good because the measurement from a financial perspective has an ROI value of 180%, a Profit Margin of 72% and an Operating Ratio of 11.2. Meanwhile, the non-financial performance of Mardika's MSMEs is still not entirely in good condition in every perspective. From the perspective of the customer, the result is Customer Retention of 76% and Customer Acquisition of 24%. From an internal business perspective, product innovation results are 0% and Program Implementation is 100%. From the perspective of learning and growth, employee productivity results of IDR 161,942,667 and employee retention rates of 0. After calculating the performance of the ornamental fish farming business, then conducting a strategy analysis to find out what strategy will be implemented in business development. The strategy for improving financial and non-financial performance in the Mardika MSMEs ornamental fish farming business using SWOT analysis is in the first quadrant, namely the Growth Strategy which is aimed at achieving growth, both in financial performance and non-financial performance. It is expected that UMKM Mardika will increase the use of capital, increase employee productivity, carry out promotions in order to expand business reach and add employees in order to increase business productivity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080638
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Jan 2024 08:07
Last Modified: 02 Jan 2024 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205692
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rano Barita P. Simamora.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item