Analisis Pengaruh Layanan Internet Banking, Mobile Banking, Dan Fasilitas Atm Terhadap Kepuasan Nasabah

Eryaningtyas, Nadia Salsabela and Bahtiar Fitanto,, SE., MT (2023) Analisis Pengaruh Layanan Internet Banking, Mobile Banking, Dan Fasilitas Atm Terhadap Kepuasan Nasabah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pola perilaku manusia dalam menggunakan layanan elektronik untuk mendapatkan berbagai jenis informasi telah dipengaruhi oleh pesatnya perekembangan teknologi. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi berbagai industri salah satunya pada industri perbankan. Buktinya perbankan saat ini sudah mengembangkan layanan dan jasa-jasa perbankan yang diselaraskan dengan kemajuan teknologi dan informasi seperti layanan Internet Banking, Mobile Banking. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling yaitu nonprobability sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor dengan menggunakan alat bantu SPSS Versi 15.0 Tahun 2023. Berdasarkan hasil uji F (Simultan) dengan nilai sebesar 56,554 yang mana lebih besar dibandingkan dari 2,699 (F tabel). Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dari kedua hal tersebut menunjukkan bahwa diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya Layanan Internet banking, Mobile banking, dan Fasilitas ATM secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Bank BTN KCP Tulungagung. Meskipun ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan, layanan Mobile Banking lebih diminati oleh beberapa kalangan nasabah. Selain dinilai praktis, aplikasi tersebut dapat membantu segala kebutuhan nasabah ketika dalam keadaan mendesak. Adapun pengembangan yang akan ditetapkan oleh pihak Bank BTN KCP Tulungagung yaitu ke depannya fasilitas yang ada di Internet Banking akan digabung dengan aplikasi Mobile Banking guna memberikan manfaat dan kemudahan nasabah.

English Abstract

The pattern of human’s behavior in using electronic services to acquire various kinds of information is affected by the rapid technological advancement. This is beneficial for, particularly banking, industries, as evidenced by the fact that banks nowadays come up with cutting-edge services such as internet banking and mobile banking. The sample of this quantitative descriptive research was selected using non-probability sampling, while the data was examined using factor analysis in SPSS version 15.0 of 2023. The result of the F test (simultaneous) is 56.554, which is greater than the F table of 2.699, and therefore H0 is rejected, and H1 is accepted. As the significance value of 0.000 is smaller than 0.05, internet banking, mobile banking, and ATM facilities simultaneously have a significant effect on the satisfaction of customers at the sub-branch office of Bank BTN in Tulungagung. Despite the positive and significant effect of the three variables, mobile banking is more preferable for some customer groups. In addition to its practicality, the service is helpful when they are in a difficult condition. In the future, the bank will develop a service where facilities in the internet banking will be integrated into its mobile banking application for greater customer benefit and ease.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020423
Uncontrolled Keywords: Internet Banking, Mobile Banking, Kepuasan Nasabah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:42
Last Modified: 02 Jan 2024 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205650
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadia Salsabela Eryaningtyas.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item