Pengaruh Faktor Pengetahuan, Kepercayaan, Aksesibilitas Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan “Shopping Charity” Program Lembaga Aksi Cepat Tanggap Malang (Studi Pada Konsumen Followers Akun Instagram “Zaco.Id”).

Putri, Nabilah Aprillia and Atu Bagus Wiguna,, S.E., M.E. (2021) Pengaruh Faktor Pengetahuan, Kepercayaan, Aksesibilitas Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan “Shopping Charity” Program Lembaga Aksi Cepat Tanggap Malang (Studi Pada Konsumen Followers Akun Instagram “Zaco.Id”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keadaan yang seketika berubah di awal tahun 2020 karena adanya virus corona yang menyebar di seluruh dunia membuat banyaknya perusahaan yang gulung tikar atau melakukan PHK besar-besaran dan membuat banyak penduduk Indonesia kehilangan pekerjaannya dan memilih untuk mencoba berbisnis online. Peluang adanya peningkatan pedagang online ini dimanfaatkan oleh lembaga Aksi Cepat Tanggap untuk membuat program yang tujuannya untuk saling membantu sesama umat muslim yaitu program “Shopping Charity”. Pada penelitian ini berfokus dalam melihat pengaruh berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan dalam melakukan shopping charity program Aksi Cepat Tanggap Malang khususnya pada konsumen Zaco.id salah satu online shop yang berada di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi logistic, sumber data pada penelitian ini sendiri bersumber dari kuisioner yang disebarkan dan diisi oleh konsumen Zaco.id. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel berpengaruh bersama-sama terhadap keputusan konsumen melakukan shopping charity program ACT Malang. Secara parsial keempat variabel pada penelitian ini juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen melakukan shopping charity program ACT Malang.

English Abstract

The rapidly changing circumstances at the beginning of 2020 due to the spread of the coronavirus worldwide resulted in many companies going out of business or implementing massive layoffs, causing a significant number of Indonesians to lose their jobs and opt for online businesses. The increased opportunities for online traders were seized by the Aksi Cepat Tanggap organization to create a program aimed at helping fellow Muslims, called the "Shopping Charity" program. This research focuses on examining the influence of various factors affecting the decision to participate in the Shopping Charity program of Aksi Cepat Tanggap in Malang, particularly among consumers of Zaco.id, an online shop located in the city of Batu. The research adopts a quantitative approach with logistic regression analysis as the method. The data for this research is derived from questionnaires distributed and filled out by Zaco.id consumers. The results of this research demonstrate that all four variables collectively have a significant influence on consumers' decision to participate in the Shopping Charity program of ACT Malang. Individually, each of the four variables in this research also has a significant impact on consumers' decision to participate in the Shopping Charity program of ACT Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020420
Uncontrolled Keywords: Keputusan, Shopping Charity, Konsumen
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:06
Last Modified: 03 Jan 2024 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205645
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NABILAH APRILLIA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item