Analisis Continuance Intention Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Marketplace Dengan Pendekatan UTAUT2 yang Dimodifikasi (Survei Pada Wajib Pajak yang Terdaftar di SAMSAT Kabupaten Sidoarjo

Farini, Alfi Isti and Agung Nugroho Luthfi Imam Fahrudi S.AB.,M.Bus Sys.Pro,Ph.D, S.AB.,M.Bus Sys.Pro,Ph.D (2023) Analisis Continuance Intention Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Marketplace Dengan Pendekatan UTAUT2 yang Dimodifikasi (Survei Pada Wajib Pajak yang Terdaftar di SAMSAT Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan teknologi telah memberikan perubahan dalam setiap aspek kebutuhan masyarakat. Salah satu bentuk kemajuan teknologi adalah pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui marketplace. Dalam perkembangannya selain menjadi tempat jual beli barang serta layanan pembayaran tagihan, marketplace ditunjuk sebagai lembaga yang melaksanakan sistem penerimaan negara secara elektronik salah satunya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Namun, sampai saat ini pembayaran PKB melalui marketplace masih tergolong rendah dibandingkan metode pembayaran lainnya. Banyaknya metode pembayaran dapat memengaruhi niat untuk terus menggunakan sistem pembayaran yang saat ini digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi continuance intention pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui marketplace menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use Technology Two (UTAUT2) yang dimodifikasi dengan menambahkan variabel perceived security dan inertia. Teknologi informasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari berbagai sektor di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di SAMSAT Kabupaten Sidoarjo menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan pada penelitian ini berjumlah 189 dan hanya 174 yang memenuhi kriteria untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan aplikasi partial least square (PLS) 3.3. Teknis analisis data menggunakan SEM-PLS dengan melakukan evaluasi outer model dan inner model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel social influence, facilitating conditions, habit, price value, dan perceived security memiliki pengaruh yang signifikan terhadap continuance intention penggunaan marketplace sebagai media pembayaran PKB. Variabel performance expectancy, effort expectancy, inertia, dan hedonic motivation tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap continuance intention penggunaan marketplace sebagai media pembayaran PKB.

English Abstract

Technological advances have provided changes in every aspect of society's needs. One form of technological progress is the payment of Motor Vehicle Tax through the marketplace. In its development, apart from being a place for buying and selling goods and bill payment services, the marketplace was appointed as an institution that implements an electronic state revenue system, one of which is Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). However, until now PKB payments through the marketplace are still relatively low compared to other payment methods. Many payment methods can affect the continuance intention to using the payment system currently used. Therefore, this study aims to analyze the factors that influence the continuation of the payment of Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) through the marketplace using the modified Unified Theory of Acceptance and Use Technology Two (UTAUT2) model by adding perceived security and inertia variables. Information technology has become an integral part of various sectors in Indonesia. This type of research is explanatory research using a quantitative approach. The samples include the taxpayers of Sidoarjo City SAMSAT (One-stop Administration Services Office), selected through purposive sampling method. There were 189 samples collected in this study and only 174 met the criteria to be sampled in this study. Data analysis used in this study is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The collected data is then processed using the Partial Least Squares (PLS) 3.3 application. Technical data analysis using SEM-PLS by evaluating the outer model and inner model. The results of this study indicate that the social influence, facilitating conditions, habit, price value, and perceived security variables have a significant effect on the continuance intention of using the marketplace for payments of Motor Vehicle Tax. The variables performance expectancy, effort expectancy, inertia, and hedonic motivations do not have a significant effect on the continuance intention of using the marketplace for payments of Motor Vehicle Tax.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030312
Uncontrolled Keywords: Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Marketplace, UTAUT2, Perceived security, Inertia, Continuance intention.
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:54
Last Modified: 21 Dec 2023 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205630
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
ALFI ISTI FARINI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item