Pengaruh, Budaya “Organisasi Digital dan Kapabilitas - Digital: Terhadap Kinerja Organisasi:-Peran Mediasi Inovasi Digital di Era COVID-19 (Studi pada BUMN PT Kimia Farma Tbk).

Teguh, Muhammad Jasrif and Prof. Dr. Dra. Noemmijati,, MTM., CPHR and Dr. Wahdiyat Moko,, SE., MM., CPHR and Prof. Dr. Rofiaty,, SE., MM (2023) Pengaruh, Budaya “Organisasi Digital dan Kapabilitas - Digital: Terhadap Kinerja Organisasi:-Peran Mediasi Inovasi Digital di Era COVID-19 (Studi pada BUMN PT Kimia Farma Tbk). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian.ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara empiris apakah kinerja “organisasi ‘dipengaruhi oleh budaya organisasi digital ‘serta kapabilitas digital, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui' inovasi digital sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) untuk menganalisis data dan unit-analisisnya adalah divisi/unit' organisasi di PT-Kimia Farma Tbk: Sampel dalam: penelitian ini; diambil dengan-teknik sampel jenuh; yaitu'dengan membagikan 240 kuesioner dan mendapatkan 238 kuesioner kembali: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja organisasi'dipengaruhi secara tidak langsung melaluiinovasi digital sebagai variabel mediasi, bukan secara‘langsung oleh budaya organisasi-digital. -Selain .itu, kapabilitas-digital. juga berpengaruh langsung terhadap kinerja, organisasi-dan secara tidak langsung melalui inovasi digital. Model penelitian ini memberikan dasar.bagi praktisi industri farmasi dan pembuat kebijakan. untuk pengambilan keputusan_dan. perbaikan yang relevan . serta memperkaya teori Resource-Based View, Organisatinal Culture dan Dynamic Capabilitiy View mengenai sumber daya dan keterampilan spesifik, langka, dan sulit ditiru’dalam-mencapai kinerja organisasi ‘yang unggul.-Penelitian ini juga mengisi kesenjangan literatur: terkait faktor pendorong inovasi digital dan/ peran mediasi-inovasi digital pada hubungan antara faktor pendorong;dan kinerja. Penelitian ' ini ‘memiliki kebaruan" yaitu. pertama, 'sebagai’ 'salah-satu 'studi awal yang . memperluas- konsep: budaya -organisasidigital ‘dalam -pengembangan inovasi digital dan.peningkatan kinerja_di industri farmasi.. Kedua, penelitian. ini menguji_pengaruh budaya organisasi digital. dan kapabilitas digital terhadap kinerja organisasi melalui inovasi digital dengan menggunakan model konseptual yang komprehensif:

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 0623020027
Uncontrolled Keywords: Budayaorganisasi; digital, Kapabilitas_digital, Inovasi- digital -dan Kinerja organisasi.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:41
Last Modified: 20 Dec 2023 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205571
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD JASRIF TEGUH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (20MB)

Actions (login required)

View Item View Item