Aini, Aisyah Nurul and Siti Rochmah,, DR., M.SI and Bayu Indra Pratama, SI.Kom., MA (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Online (Studi Pada Satpas Colombo Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan SIM online di Kota Surabaya dilaksanakan oleh Satlantas Polrestabes Kota Surabaya tepatnya di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS) Colombo Kota Surabaya. Penerapan inovasi pelayanan SIM online ini sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan dalam pelayanan SIM. Dengan adanya pelayanan SIM online ini diharapkan dapat terciptanya zero complain, bebas korupsi, terciptanya birokrasi yang bersih, dan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan kepuasan masyarakat dalam layanan SIM online. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang mana dalam penentuan jumlah responden ini menggunakan rumus Lemeshow dalam perhitungannya. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian yaitu kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kualitas pelayanan pada Satpas Colombo Kota Surabaya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam layanan SIM online. Hasil R square menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan Satpas Colombo Kota Surabaya terhadap kepuasan masyarakat sebesar 0,771 atau 77,1%. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh kualitas pelayanan Satpas Colombo Kota Surabaya terhadap kepuasan masyarakat dalam layanan SIM online dengan interval 0,60-0,799 masuk ke dalam kategori kuat. Sedangkan, untuk sisanya yaitu sebesar 22,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
English Abstract
Online SIM services in Surabaya City are carried out by the Surabaya City Police Satlantas, precisely at the Colombo SIM Administration Organizing Unit (SATPAS) Surabaya City. The application of this SIM service innovation is a form of improving service quality in SIM services. With this online SIM service, it is hoped that it can create zero complain, free of corruption, create a clean bureaucracy, and can increase public satisfaction. The purpose of this study is to find out how the effect of service quality on public satisfaction in online SIM services. This research uses a type of explanatory research using a quantitative approach. In this study using non probability sampling techniques using purposive sampling techniques. The sample used in this study amounted to 100 respondents which in determining the number of respondents used the Lemeshow formula in its calculation. Data collection techniques using research instruments, namely questionnaires. The results showed that the quality of service at Satpas Colombo Surabaya City had a significant influence on public satisfaction in online SIM services. The results of R square that the effect of service quality of Satpas Colombo Surabaya City on community satisfaction is 0,771 or 77,1%. This proves that the effect of Satpas Colombo Surabaya service quality on public satisfaction in online SIM services with intervals of 0,60-0,799 falls into the strong category. Meanwhile, for the rest 22,9% was influenced by other variables that were not studied in this study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030297 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, SIM |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 03:43 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 03:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205560 |
Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Aisyah Nurul Aini.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (8MB) |
Actions (login required)
View Item |