Analisis Pengaruh Pendapatan, Harga, Dan Tingkat Konsumsi Islami Terhadap Pembelian Di Minimarket Al-Khaibar Masjid Rois Dahlan

Mujahid, Muhammad Azzam and Dr. Sri Muljaningsih,, S.E.,MSP (2023) Analisis Pengaruh Pendapatan, Harga, Dan Tingkat Konsumsi Islami Terhadap Pembelian Di Minimarket Al-Khaibar Masjid Rois Dahlan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia pasar tradisional diperkirakan akan bergeser menjadi pasar modern seperti minimarket, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya minimarket di Indonesia. Ketersediaan produk, pendapatan, serta membandingkan harga produk di toko adalah hal yang dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan konsumen didalam melaksanakan pembelian di mini market. Perkembangan yang terjadi pada minimarket juga bisa diketahui melalui banyaknya konsumen yang melakukan pembelian. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel pendapatan, harga, dan tingkat konsumsi islami terhadap pembelian di minimarket Masjid Rois Dahlan. Data yang diperoleh merupakan data primer yang bersumber dari hasil kuisioner yang sudah disebarkan kepada responden yaitu 30 orang konsumen yang berbelanja di minimarket Al-Khaibar Masjid Rois Dahlan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dengan menggunakan program SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan, harga dan tingkat konsumsi islami berpengaruh secara simultan pada peluang peningkatan pembelian. Dari hasil uji parsial didapatkan bahwa variabel harga dan tingkat konsumsi islam memberikan pengaruh signifikan pada peluang peningkatan pembelian. Sementara variabel pendapatan tidak memberikan pengaruh secara signifikan pada peluang peningkatan pembelian

English Abstract

In Indonesia, traditional markets are expected to shift to modern markets such as minimarkets, as evidenced by the number of minimarkets in Indonesia. Product availability, income, and comparing product prices in stores are things that can influence the increase in consumers in making purchases at mini markets. The development that occurs in minimarkets can also be known through the number of consumers who make purchases. The purpose of this research is to find out how the variables of income, price, and Islamic consumption level affect purchases at the Rois Dahlan Mosque minimarket. The data obtained is primary data sourced from the results of questionnaires that have been distributed to respondents, namely 30 consumers who shop at the Al-Khaibar minimarket of the Rois Dahlan Mosque. This study uses logistic regression analysis using the SPSS 27 program. The results showed that income, price and Islamic consumption levels simultaneously affect the chances of increasing purchases. From the partial test results, it is found that the price variable and the level of Islamic consumption have a significant effect on the opportunity to increase purchases. While the income variable does not have a significant effect on the opportunity to increase purchases.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020383
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Harga, Tingkat Konsumsi Islami, Pembelian, Minimarket.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:59
Last Modified: 27 Dec 2023 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205542
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Azzam Mujahid.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item