Hubungan Pemekaran Wilayah dengan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru)

Fajri, Afifa and Dr. Mujibur Rahman Khairul Muluk, S.Sos., M.Si and Martina Purwaning Diah S.AP., M.AP,, S.AP., M.AP, (2023) Hubungan Pemekaran Wilayah dengan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas pelayanan publik memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Perkembangan dan peningkatan akan kebutuhan pelayanan publik membuat masyarakat mengharapkan peningkatan pada kualitas pelayanan publik yang ada. Namun, masih terdapat permasalahan dalam pelayanan publik seperti lokasi yang jauh, kurang informatif, inefisiensi, sarana dan prasarana, serta birokrasi yang lama. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pemekaran wilayah. Harapannya pemekaran wilayah dapat mendekatkan pemerintah dengan masyarakat serta ruang lingkup yang lebih kecil sehingga dapat memberikan pelayanan publik secara maksimal. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini mengajukan satu pertanyaan : “Apakah terdapat hubungan pemekaran wilayah dengan kualitas pelayanan publik?”. Penelitian dalam skripsi ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian asosiatif kausal yang dilakukan dengan survei. Konsep pemekaran wilayah dan kualitas pelayanan publik di elaborasi menggunakan kuesioner. Pertanyaan diajukan kepada 100 responden yang merupakan masyarakat Kecamatan Rumbai Timur. Data yang diperoleh dilakukan pengujian menggunakan uji kendall tau-b (2 tailed). Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik yang ada di Kecamatan Rumbai Timur sudah berada dalam kategori baik. Hal ini didasari oleh nilai rata-rata dari setiap indikator secara keseluruhan berada pada 3,86. Kemudian hasil uji statistik menunjukkan pemekaran wilayah memiliki hubungan dengan kualitas pelayanan publik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik bahwa pemekaran wilayah dengan kualitas pelayanan publik memiliki hubungan yang signifikan (alpha = 0.00 < 0.01). Adapun tingkat keeratan hubungan antar variabel atau correlation coefficient menunjukkan hasil 0,677, yang berarti bahwa hubungan antar variabel adalah “kuat”. Hal ini juga memperlihatkan bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang bersifat positif dan searah. Berdasarkan hal tersebut ada dua saran yang semestinya dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Rumbai Timur, yaitu : peningkatkan respon pegawai dalam menjawab keluhan masyarakat dan penyediaan wadah aspirasi bagi masyarakat Kecamatan Rumbai Timur.

English Abstract

The quality of public services has an important role in governance. The development and increase in the need for public services makes people expect an increase in the quality of existing public services. However, there are still problems in public services such as remote locations, lack of information, inefficiency, facilities and infrastructure, and long bureaucracy. One way to overcome this problem is by regional expansion. It is hoped that regional expansion can bring the government closer to the community as well as a smaller scope so that it can provide maximum public services. In this regard, this study raises one question: "What is the relationship between regional expansion and the quality of public services?" The research in this thesis was carried out using a quantitative approach, with the type of causal associative research conducted by survey. The concept of regional expansion and the quality of public services is elaborated using a questionnaire. Questions were asked to 100 respondents who are people of Kecamatan Rumbai Timur. The data obtained was tested using the Kendall Tau-b (2 tailed) test. The results of the analysis show that the quality of public services in East Rumbai District is already in the good category. This is based on the average value of each indicator as a whole at 3.86. Then the results of statistical tests show that regional expansion has a relationship with the quality of public services. This is evidenced by the results of statistical tests that regional expansion has a significant relationship with the quality of public services (alpha = 0.00 <0.01). The level of closeness of the relationship between variables or the correlation coefficient shows the result of 0.677, which means that the relationship between variables is "strong". This also shows that the two variables have a positive and unidirectional relationship. Based on this, there are two suggestions that should be made by the East Rumbai District Government, namely: increasing employee response in answering community complaints and providing a forum for aspirations for the people of Kecamatan Rumbai Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030285
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Pemekaran Wilayah.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:23
Last Modified: 20 Dec 2023 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205528
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Afifa Fajri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item