Herdanti, Nabilah Syafa and Dr. Zainal Abidin,, S.Pi, MBA, MP (2023) Analisis Faktor Keberhasilan Technical Marketing Pakan Udang dalam Pola Kemitraan PT Central Proteina Prima Tbk. Rumah Tangga Vanamme Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT Central Proteina Prima mentransformasikan Model Bisnis Inti Plasma pada tahun 2016-2017 menjadi Free Market Model sejak tahun 2018 hingga kini. Perubahan model ini menyebabkan Perseroan secara keseluruhan tidak terpengaruh secara signifikan oleh risiko budidaya, hal ini menyebabkan penjualan pakan menjadi segmen usaha yang paling dominan di Perseroan. Perubahan ini memberikan kesempatan PT Central Proteina Prima Tbk. untuk menciptakan posisi pasar yang unggul. PT Central Proteina Prima Tbk. menerapkan Technical sales atau Engineering Sales sebagai keuntungan teknis dari kemitraan dalam pembelian produk pakan udang milik PT CPP. Technical sales atau Engineering Sales merupakan salah satu metode pemasaran dengan menawarkan produk atau layanan berbasis teknis kepada Mitra Perseroan. Salah satu objek penelitian yang menarik untuk mengkaji hal ini adalah pola kemitraan Rumah Tangga Vanamme atau RTVe yang merupakan hasil dari upaya PT Central Proteina Prima Tbk. untuk merevitalisasi tambak skala kecil atau rumah tangga. Riset yang dilakukan berkonsentrasi pada jalinan kemitraan antara PT Central Proteina Prima Tbk. dan RTVe melalui pemasaran pakan udang yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar komoditi Udang Vanamme (Litopenaeus vanamme). Namun, dengan pola yang diterapkan perlu diteliti bagaimana metode pemasaran teknis terhadap produk pakan udang ini memberikan penguatan dan pengaruh keberhasilan untuk membina kemitraan. Hal ini menjadi faktor peningkatan nilai tambah dan daya saing juga perlu dioptimasi dalam suatu hubungan kemitraan antar Petambak Udang Vanamme dan perusahaan. Kemitraan harus dibina secara harmonis dalam kelompok Mitra dan juga lingkungan kemitraan. Melalui hal tersebut peneliti memerlukan indikator yang tepat untuk mengetahui bagaimana implementasi Technical Marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang strategis bagi produk pakan udang yang dipasarkan PT Central Proteina Prima Tbk. Berkenaan dengan hal ini diperlukan analisa yang tepat untuk mengetahui faktor kesuksesan dari implementasi ini yaitu dengan Analisa Critical Success Factors. Analisa Critical Success Factors merupakan Analisa untuk menentuka apakah sebuah perusahaan dapat meraih sebuah keberhasilan melalui identifikasi faktor keberhasilan dalam implementasi model bisnis atau metode bisnis yang diterapkan. Critical Success Factor adalah suatu cara untuk mengetahui sebuah perencanaan dalam bentuk sistem informasi sebuah usaha maupun bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor keberhasilan dalam pola kemitraan pemasaran pakan sebagai jalinan proses kemitraan jangka panjang RTVe melalui Technical Marketing. Metode yang dirujuk menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui identfikasi Critical Success Factor yang kemudian dianalisa dengan metode natural cut-off Point. Hal ini kemudian didukung dengan pemaparan manajemen Technical Marketing pada RTVE dengan analisa POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling).
English Abstract
PT Central Proteina Prima Tbk. transformed the Inti Plasma Business Model in 2016-2017 into a Free Market Model from 2018 until the present. The transformation in the business model has resulted in how the Corporation being less affected by the risk of cultivation and failure to terminate payment on dealing of fish-feed products and causing the Aquaculture fish-feed market as the most dominant business segment for the Corporation. This transformation leads PT Central Proteina Prima Tbk. to an opportunity to hold onto a superior market position. PT Central Proteina Prima Tbk. implements Technical sales or Engineering Sales as a technical benefit from the partnership in purchasing-dealt PT CPP's shrimp-feed products. Technical sales or Engineering Sales is a marketing method by offering technical-based products or services to Company Partners. This research interest is placed on the existence of the Rumah Tangga Vanamme Partnership or RTVe as one of the partnership business patterns by PT Central Proteina Prima Tbk. to revitalize Household-scale ponds. The research is being carried in for a partnership pattern business model between PT Central Proteina Prima Tbk. and RTVe through the marketing of shrimp feed to fulfill the Vanamme shrimp market demand. However, it is necessary to research how the technical marketing for the shrimp-feed product provides reinforcement and influences success in fostering business partnerships. The business market targets for increasing added value and competitiveness also need to always be to be optimized with Technical Marketing applied for the business partnership model. The partnership business model between Shrimp-Farmer and the Corporation must be fostered in dynamic among The Stake Holder of the Partnership business model and also in the business partnership environment. This continues to be supported by intensive mutual clinical communication which is necessary for a fair and responsible distribution of roles and benefits in a Partnership business model relationship. Through this research, it is important to pitch the right indicators to measure the implementation of Technical Marketing as one of the strategic marketing strategies for shrimp-feed products by PT Central Proteina Prima Tbk. In this regard, proper analysis research is needed to determine the success factors of the implementation of Critical Success Factors Analysis. CSF'S is a set of requirements for a company to achieve success from various factors. Critical Success Factor analysis is the fit measurement research to find out an act and plan in an information system for a business partnership system. This study aims to find success factors in the shrimp-feed marketing partnership pattern in the implementation of maintaining a long-term partnership process between Shrimp-Farmer and The Corporation in the Technical Marketing method. The research tool pitched with descriptive qualitative data analysis with CSF Analysis and analyzed using the natural cut-off point method. The results are supported by Technical Marketing managerial analytics at POAC analysis (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523080578 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 02:23 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 02:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205452 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabilah Syafa Herdanti.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |