Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vespa Matik (Studi Pada Komunitas Move Malang)

Maulana, Luthfila Akbar and Dr. Siti Aisjah,, SE., MS, CSRS, CFP (2023) Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vespa Matik (Studi Pada Komunitas Move Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Vespa matik pada komunitas Move Malang. Pengaruh yang ingin diketahui adalah pengaruh langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik berusia 15-38 Tahun yang berdomisili di Kota Malang, merupakan bagian dari Move Malang, pernah membeli Vespa matik di Kota Malang, dan mengetahui tentang Vespa matik. Pengambilan data dilakukan dengan mengginakan kuisioner, studi pustaka, dan refrensi di internet. Teknik analisis data menggunakan SPSS 21. Kemudia data dianalisis dengan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity endorsement dan brand image memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

The objective of this research is to identify the direct and indirect effects of celebrity endorsement and brand image on the decision of Move community members in Malang to purchase CVT-transmission scooters of Vespa. This explanatory research explains the causal relationships between variables through hypothesis testing. Using purposive sampling, 100 members of Move within the age range of 15-38 years who live in Malang city, know about Vespa’s CVT-transmission scooter, and have purchased the scooter were selected as the respondents. The research data was harvested from questionnaires, library research, and internet browsing, assessed using validity test, reliability test, and classical assumption test, and analyzed using multiple linear regression. All of the processes were performed in SPSS 21. This study finds that celebrity endorsement and brand image positively and significantly influence the purchase decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020334
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorsement, Brand Image, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:54
Last Modified: 19 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205384
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
LUTHFILA AKBAR MAULANA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item