Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Repurchase Intention Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Ud Jaga Mutu Utama)

Humaira, Khaula Fathia and Dr. Dra. Kusuma Ratnawati,, MM. (2023) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Repurchase Intention Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Ud Jaga Mutu Utama). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membentuk kestabilan pendapatan pada suatu usaha adalah menciptakan pembeli yang selalu bertahan dan akan melakukan kegiatan pembelian kembali (repurchase) pada perusahaan. Terdapat beberapa faktor yang dapat membentuk niat pelanggan untuk melakukan repurchase intention, yaitu faktor kualitas produk dan harga. Dalam menghubungkan faktor-faktor tersebut terhadap repurchase intention, terdapat faktor kepuasan pelanggan yang menjadi peran mediasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap repurchase intention, yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini menggunakan explanatory research untuk mengetahui pengaruh antar variabel dalam penelitian ini. Populasi yang digunakan adalah pelanggan UD Jaga Mutu Utama. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu probability sampling, yaitu sampel dengan karakteristik pernah melakukan pembelian produk minimal satu kali, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data hasil sampling yang diperoleh melalui kuesioner diolah menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SMARTPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh positif terhadap repurchase intention yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan pada UD Jaga Mutu Utama.

English Abstract

One of the methods that can be applied to create income stability in businesses is creating customers who are lasting and make repurchases. There are several factors that can shape repurchase intention among customers, for example product quality and price. In the relationship between those variables with repurchase intention, customer satisfaction plays a mediating role. This research was conducted to identify the effects of product quality and price on repurchase intention with the mediation of customer satisfaction. This study uses explanatory research to identify the relationships between its variables. From the population of customers of UD Jaga Mutu Utama, 100 people were incorporated as the sample; they were selected using probability sampling with the characteristics of people who have made at least one purchase. The data from the sampling that have been obtained through questionnaires was analyzed using multiple linear regression in SmartPLS version 3.0. The results indicate that product quality and price have positive effects on the repurchase intention of the customers of UD Jaga Mutu Utama with the mediation of customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020324
Uncontrolled Keywords: kualitas produk, harga, repurchase intention, kepuasan pelanggan, pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:35
Last Modified: 18 Dec 2023 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205360
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Khaula Fathia Humaira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item