Juliano, Kelvin Allen and Prof. Dr. Rofiaty,, SE., M.M. (2023) Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) Berdasarkan Konsep Triple Bottom Line Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Malang. Program CSR yang dilakukan oleh Bank BRI Kanwil Malang berdasarkan Konsep Triple Bottom Line atau yang biasa dikenal dengan 3P (Profit, Planet, People) merupakan kegiatan bisnis perusahaan dan membentuk Corporate Image. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan ditujukan kepada bagian Logistics PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai pelaksana kegiatan CSR di BRI Kantor Wilayah Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan Bank BRI Kantor Wilayah Malang telah melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) berdasarkan Konsep Triple Bottom Line dengan baik dan juga selaras. Bentuk Program yang dilaksanakan Bank BRI Kanwil Malang didasarakan pada 7 sektor yang telah dilakukan sesuai dengan konsep 3P. Berdasarkan penelitian terdahulu didapatkan bahwa kekurangan hasil penelitian berupa komponen yang masih belum optimal sudah tidak relevan di tahun ini. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti dapat memberikan saran berupa (a) melakukan pengawasan terhadap kegiatan CSR, (b) melaksanakan controlling agar tepat sasaran, (c) mempertahankan konsistensi pelaksanaan program CSR, (d) memanfaatkan dampak positif untuk keberlangsungan perusahaan guna tercapainya Good Corporate Governance (GCG).
English Abstract
The objective of this research is to identify the implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) program by the Regional Office of PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk in Malang. The program was implemented using the Triple Bottom Line concept known as the 3Ps, consisting of profit, people, and planet, in order to create corporate image. The data of this qualitative descriptive research was harvested from documentation and interviews with the office’s logistics staff as the executor of the program. This study finds that the Regional Office of PT Bank Rakyat Indonesia has carried out its Corporate Social Responsibility program well and harmoniously based on the Triple Bottom Line. Past studies have found that there are components of the program which were not optimally implemented and irrelevant to be applied this year. Therefore, this research suggests the office (a) to supervise its CSR activities, (b) to conduct controlling to ensure the accuracy of the program, (c) to maintain the consistency of its CSR implementation, and (d) to take advantage from the positive impacts for the company’s sustainability and the attainment of Good Corporate Governance (GCG).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0523020320 |
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility (CSR), Triple Bottom Line, Implementasi CSR. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 02:51 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 02:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205354 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kelvin Allen Juliano.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |