Analisis efektivitas promosi menggunakan instagram untuk menaikkan penjualan di restoran Ocean Garden Soehat, Malang.

Khoirudin, Mohammad and Dr. Zainal Abidin,, S.Pi, MBA, MP (2023) Analisis efektivitas promosi menggunakan instagram untuk menaikkan penjualan di restoran Ocean Garden Soehat, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Malang merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Timur yang memiliki berbagai potensi sumber daya perikanan cukup besar dan terus meningkat dalam beberapa kurun waktu terakhir. Peningkatan jumlah produksi perikanan memberikan peluang kepada para pengusaha yang terjun dibidang kuliner dan membuat inovasi dan bisnis baru dibidang produk perikanan, yang dimana seiring dengan kemajuan teknologi yang berjalan begitu pesat, promosi dalam suatu bisnis merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini membuat para pengusaha kuliner membuka inovasi baru pada kegiatan pemasaran secara online. Salah satunya dengan mempromosikan produk kuliner serta menjualnya melalui media Instagram. salah satu restoran yang menerapkan promosi tersebut adalah restoran Ocean Garden yang telah memiliki 5 cabang dibeberapa wilayah Kota dan Kabupaten Malang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektifitas promosi yang dilakukan oleh restoran Ocean Garden yang dapat menjadikannya sebagai restoran yang tergolong besar. Penelitian ini dilakukan di Restoran Ocean Garden yang berada di Jl. Soekarno Hatta No. 87B, Lowokwaru, Kabupaten Malang pada bulan Maret sampai dengan April 2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner google form dan wawancara kepada pengunjung. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode purposive sampling dengan pertimbangan responden yang diwawancarai berusia 17-60 tahun dan telah melakukan kunjungan minimal 1 kali dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. serta accidental sampling dimana setiap pengunjung yang ditemui dan memenuhi kriteria dijadikan sebagai responden. Jumlah sampel responden yang dibutuhkan pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan metode rumus slovin. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode epic model dengan perhitungan 4 dimensi antara lain dimensi empati, persuasi,dampak, dan komunikasi. Yang kemudia dirata-rata dan ditemukan jawaban dari skala 1 sampai 5. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan pada penelitian ini, ditemukan hasil bahwa nilai dimensi empathy pada pengujian data didapatkan rata-rata nilai sebesar 4,12 tingkat jawaban responden. Dan didapatkan nilai 4,22 untuk dimensi persuasion, didapatkan nilai 4.25 untuk dimensi impact dan communication. Sehingga ditemukan nilai Epic Rate sebesar 4,23 dari skala 1-5 (sangat efektif) yang menunjukan bahwa promosi yang dilakukan oleh restoran Oceaan Garden melaui media social instagram dapat dikatakan sangat efektif. Dari hasil masing-masing dimensi, didapatkan bahwa dimensi empati yang terkait dengan menariknya dan kemudahan konten untuk diingat memiliki nilai yang lebih rendah dari dimensi lainnya sehingga untuk meningkatkan upaya promosi yang dilakukan dapat berupa manfaatkan topik yang sedang trending dan mengoptimalkan konten promosi yang lebih menarik seperti video, agar konsumen tidak bosan dan mudah mengingat promosi yang dilakukan. Agar promosi yang dilakukan dengan media sosial instagram sangat efektif dan dapat mempertahankan keefektifannya saat ini, maka diperlukan peningkatan strategi promosi pada dimensi impact dengan cara mengadakan give away (memberikan produk secara gratis) untuk konsumen dengan syarat dan ketentuan konsumen ikut serta memposting moment membeli produk Ocean Garden sebagai upaya promosi oleh konsumen agar lebih diketahu oleh masyarakat yang lebih luas.

English Abstract

Malang Regency is one of the areas in East Java Province which has quite a large number of fishery resource potentials and has continued to increase in recent times. Increasing the amount of fishery production provides opportunities for entrepreneurs who are involved in the culinary field and create new innovations and businesses in the field of fishery products, which along with technological advances that are running so rapidly, promotion in a business is an important thing to do. This has made culinary entrepreneurs open up new innovations in online marketing activities. One of them is by promoting culinary products and selling them through Instagram media, one of which is the Ocean Garden restaurant which already has 5 branches in several areas of Malang City and Regency. So this study aims to analyze the level of promotion effectiveness carried out by the Ocean Garden restaurant which can make it a relatively large restaurant. This research was conducted at the Ocean Garden Restaurant which is located on Jl. Soekarno Hatta No. 87B, Lowokwaru, Malang Regency from March to April 2023. The data collection method used was through a Google form questionnaire and interviewing visitors. The sampling technique used in this study was a purposive sampling method with the consideration that the respondents interviewed were aged 17-60 years and had visited at least 1 time in the past 1 year. as well as accidental sampling where every visitor met and met the criteria was used as a respondent. The number of respondent samples required in this study was 100 respondents determined by the slovin formula method. This research was analyzed using the epic model method with 4 dimensional calculations including the dimensions of empathy, persuasion, impact, and communication. Which is then averaged and answers are found on a scale of 1 to 5. Based on the data analysis that was carried out in this study, it was found that the value of the empathy dimension in testing the data obtained an average value of 4.12 for the respondent's answer level. And a value of 4.22 was obtained for the persuasion dimension, a value of 4.25 was obtained for the impact and communication dimensions. So it was found an Epic Rate of 4.23 from a scale of 1-5 (very effective) which shows that the promotion carried out by the Ocean Garden restaurant through Instagram social media can be said to be very effective. From the results of each dimension, it was found that the dimensions of empathy related to the attractiveness and ease of content to be remembered have a lower value than the other dimensions so that to increase the promotional efforts that can be made can be in the form of taking advantage of trending topics and optimizing more attractive promotional content such as videos, so consumers don't get bored and easily remember the promotions that are being carried out. In order for the promotions carried out with Instagram social media to be very effective and to maintain its current effectiveness, it is necessary to increase the promotion strategy on the impact dimension by holding a give away (giving away products for free) for consumers with terms and conditions for consumers participating in posting the moment of buying Ocean products. Garden as a promotional effort by consumers so that it is better known by the wider community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080546
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:57
Last Modified: 18 Dec 2023 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205337
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mohammad Khoirudin.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item