Pengaruh Internal Marketing terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda.

Prahadiani, Saesar Revita and Prof. Dr. dr. Sri Andarini, M. Kes and Dr. dr. Tita Hariyanti, M. Kes (2023) Pengaruh Internal Marketing terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Internal Marketing merupakan pendekatan yang memandang karyawan sebagai pelanggan internal dan melihat pekerjaan sebagai produk internal. Pendekatan ini digunakan manajemen jasa untuk menarik, mengembangkan, memotivasi dan mempertahankankan karyawan dengan memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internal marketing terhadap kepuasan kerja dan komitmen perawat di RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional dengan membagikan kuestioner melalui Google Form. Sampel penelitian adalah perawat yang bekerja di ruang rawat inap RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda berjumlah 162 orang. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan dimensi internal marketing visi berpengaruh terhadap komitmen perawat serta komunikasi internal berpengaruh terhadap kepuasan dan komitmen kerja perawat di RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda.

English Abstract

Internal Marketing is an approach that views employees as internal customer and jobs as internal products. This approach is used by service management to attract, develop, motivate and retain employees by providing satisfaction and employee needs. This study aims to determine the effect of internal marketing on job satisfaction and commitment of nurses at Abdoel Wahab Sjahranie Hospital Samarinda. This study used a quantitative observational method with a cross-sectional approch by distributing questionnaire through Google Form. The research sample was 162 nurses working in inpatient rooms of the RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda. Data analysis usiang Partial Least Square (PLS). The results showed that the internal marketing’s dimentions vision had an effect on nurse commitment dan internal communication had an effect in nurse’s job satisfaction and commitment at Abdoel Wahab Sjahranie Hospital Samarinda.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423060103
Uncontrolled Keywords: Internal marketing, visi, pelatihan dan pengembangan, motivasi dan penghargaan, komunikasi internal, kepuasan kerja, komitmen perawat.
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.11 Hospitals and related institutions
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:23
Last Modified: 12 Dec 2023 08:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205292
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Saesar Revita Prahadiani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item