Lestari, Maharani Febri and Dr. Zainal Abidin, S.Pi, MP, MBA (2023) Pengaruh Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek sebagai Variabel Mediasi pada Produk Olahan Caty Crispy di CV. Fish Boster Centre Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sektor perikanan merupakan salah satu sektor andalan di Indonesia yang mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat Indonesia. Ikan Lele (Clarias sp.) merupakan komoditas unggulan, serta memiliki prospek pasar yang baik. Banyaknya permintaan ikan lele membuat para pengusaha menjadikan ikan lele menjadi berbagai bentuk macam olahan. Di tengah persaingan pemasaran produk olahan ikan yang semakin kuat dan permintaan caty crispy yang sangat tinggi. Penting bagi CV. Fish Boster Centre untuk menerapkan bauran pemasaran guna membantu dalam melakukan pengembangan, perencanaan, serta penerapan strategi pemasaran yang lebih efektif yang dapat meningkatkan citra merek dan menimbulkan keputusan dalam pembelian produk olahan caty crispy dari CV. Fish Boster Centre di Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi terhadap keputusan pembelian, pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi terhadap citra merek, peran citra merek memediasi hubungan produk, harga, tempat, dan promosi terhadap keputusan pembelian, serta pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilaksanakan selama Februari – Maret 2023 di CV. Fish Boster Centre dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 144 orang yang pernah melakukan pembelian produk olahan Caty Crispy di CV. Fish Boster Centre dalam kurun waktu satu tahun terakhir dengan kriteria minimal 17 tahun dan merupakan pengikut media sosial CV. Fish Boster Centre. Adapun analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan WarpPLS SEM Method serta analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran 4P yaitu produk, harga, tempat, dan promosi mampu mendorong keputusan pembelian produk olahan Caty Crispy di CV. Fish Boster Centre. Strategi produk yang dilakukan CV. Fish Boster Centre tidak dapat meningkatkan citra merek, sedangkan strategi harga, tempat, dan promosi dapat meningkatkan citra merek produk olahan Caty Crispy di CV. Fish Boster Centre. Citra merek tidak dapat mendorong keputusan pembelian. Begitupun peran mediasi citra merek terhadap bauran pemasaran 4P tidak mampu mendorong keputusan pembelian. Bauran pemasaran 4P merupakan empat komponen inti pemasaran yang secara efektif dapat digunakan untuk mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian produk olahan Caty Crispy di CV. Fish Boster Centre. Saran bagi pemilik usaha adalah agar mempertahankan kinerja yang telah dijalankan selama ini dan perlu meningkatkan strategi bauran pemasaran khususnya yaitu strategi produk, kemudian diikuti oleh strategi promosi, harga, dan tempat. Pada penelitian selanjutnya diharapkan memperluas variabel - variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini, serta mengambil sampel yang lebih banyak dan memperluas cakupan penelitian untuk keakuratan data yang lebih baik dalam penelitian.
English Abstract
The fisheries sector is one of the mainstay sectors in Indonesia that is able to provide economic impact for the people of Indonesia. Catfish (Clarias sp.) is a leading commodity, and has good market prospects. The large demand for catfish makes entrepreneurs make catfish into various forms of processing. In the midst of increasingly strong marketing competition for processed fish products and demand for Cathy crispy is very high. It is important for CV. Fish Boster Center to implement the marketing mix to assist in the development, planning, and implementation of more effective marketing strategies that can improve brand image and lead to decisions in purchasing processed products Caty crispy from CV. Fish Boster Centre in Sidoarjo. This study aims to determine the influence of Product, Price, Place, and promotion on purchasing decisions, the influence of Product, Price, Place, and promotion on brand image, the role of brand image mediates the relationship of Product, Price, Place, and promotion on purchasing decisions, and the influence of brand image on purchasing decisions. This research was carried out during February – March 2023 at CV. Fish Boster Centre using quantitative descriptive approach. The samples used in this study amounted to 144 people who have made purchases of processed products Caty Crispy in CV. Fish Boster Center within the last year with criteria of at least 17 years and is a social media follower of CV. Fish Boster Centre. The data analysis used is by using WarpPLS SEM Method and descriptive analysis. The results of this study show that the 4p marketing mix of products, prices, places, and promotions are able to encourage purchasing decisions Caty Crispy processed products in CV. Fish Boster Centre. Product strategy undertaken CV. Fish Boster Center can not improve the brand image, while the strategy of Price, Place, and promotion can improve the brand image of processed products Caty Crispy in CV. Fish Boster Centre. Brand image cannot drive purchasing decisions. Likewise, the role of brand image mediation in the 4p marketing mix is not able to drive purchasing decisions. 4p marketing mix is the four core components of marketing that can effectively be used to influence consumers in making purchasing decisions Caty Crispy processed products in CV. Fish Boster Centre. The advice for business owners is to maintain the performance that has been carried out so far and need to improve the marketing mix strategy, especially product strategy, followed by promotion, price, and place strategies. In the next study is expected to expand the variables that are not included in this study, as well as taking more samples and expand the scope of research for better accuracy of data in the study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523080513 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 07:27 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 07:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205231 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Maharani Febri Lestari.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |