Digitalisasi Sektor UMKM dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Skripsi, Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ammar, Ikhlaszul and Dias Satria., SE., M. App. EC., Ph.D. (2023) Digitalisasi Sektor UMKM dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Skripsi, Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi pemasaran secara digital dapat menjadi kunci untuk mengoptimalkan bisnis. Jika UMKM dapat mengembangkan strategi komunikasi pemasaran digital, itu adalah bagian dari adaptasi untuk bertahan dan berkembang dalam situasi saat ini. Selain itu, penggunaan terknologi memudahkan bisnis untuk mendapatkan pangsa pasar dan konsumen. Dengan hal ini menjadi salah satu perhatian dalam penelitian ini. Untuk mengetahui indikator UMKMdan teknologi apa saja yang dapat memengaruhi peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia agar pelaku usaha bisnis UMKM dapat berkembang sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan memperhatikan hal tersebut maka nantinya dapat disimpulkan bahwa bagaimana seharusnya bisnis UMKM dapat dikembangkan dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dengan melakukan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui perkembangan UMKM yang dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional dengan aspek penting yang mampu mengembangkan bisnis UMKM untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari setiap indikator UMKM dan teknologi pada keenam variabel penelitian ini. Secara keseluruhan setiap variabel penelitian berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan baik itu positif maupun negatif.

English Abstract

Digital marketing communications can be the key to optimizing a business. If MSMEs can develop a digital marketing communication strategy, it is part of the adaptation to survive and thrive in the current situation. In addition, the use of technology makes it easier for businesses to gain market share and consumers. With this being one of the concerns in this study. To find out which indicators of SMEs and technologies can influence the increase in economic growth in Indonesia so that MSME business actors can develop so as to increase national economic growth. By paying attention to this, it can be concluded later that how the MSME business should be developed and able to increase economic growth. By conducting multiple linear regression analysis to find out the development of MSMEs which can influence national economic growth with important aspects that are able to develop MSME businesses to increase economic growth. The results showed that there was influence from each indicator of MSME and technology on the six variables of this study. Overall, each research variable influences economic growth. While partially there is a significant influence both positive and negative.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020294
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi, UMKM, Pertumbuhan Ekonomi, Regresi Linear Berganda
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:12
Last Modified: 14 Dec 2023 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205230
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
IKHLASZUL AMMAR.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item