Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dan Sikap Dalam Pemilihan Produk Moisturizer pada Masyarakat Malang Raya.

Fauzia, Rindha Agata and Apt. Ayuk Lawuningtyas Hariadini, S.Farm., M.Farm. and Apt. Fani Deapsari, S.Farm., M.Farm (2023) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dan Sikap Dalam Pemilihan Produk Moisturizer pada Masyarakat Malang Raya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Moisturizer atau pelembab wajah merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk menghidrasi kulit. Moisturizer merupakan produk perawatan kulit kedua yang paling banyak digunakan oleh wanita Indonesia setelah produk sabun pencuci muka. Moisturizer memiliki berbagai kandungan dan bentuk sediaan. Apabila dalam pemilihan moisturizer tidak dilakukan dengan sikap yang tepat maka moisturizer tidak akan memberikan manfaat terbaik bahkan dapat menimbulkan efek samping. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap dalam pemilihan produk moisturizer pada masyarakat Malang Raya. Desain penelitian yang digunakan yaitu observasional analitik dengan metode cross sectional. Sampel yang digunakan yaitu masyarakat Malang Raya (Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu) sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur tingkat pengetahuan dan sikap dalam pemilihan produk moisturizer dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini adalah masyarakat Malang Raya memiliki tingkat pengetahuan baik (32%), cukup (51%), dan kurang (17%) sedangkan yang memiliki sikap positif (41%), dan sikap negatif (59%). Hasil uji spearman menunjukkan nilai signifikansi 0,007 (p < 0,05) dan nilai korelasi sebesar +0,267, hal tersebut menandakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan tingkat korelasi yang sedang. Oleh karena itu, diperlukannya peran apoteker untuk mengedukasi masyarakat dalam pemilihan dan penggunaan moisturizer dengan tepat.

English Abstract

Moisturizer, or emolien, is a skin care product that functions to hydrate the skin. Moisturizer is the second-most-used skin care product by Indonesian women after face wash products. Moisturizers have various ingredients and dosage forms. If in choosing moisturizer product is not done correctly, then you will not get the best benefits from the moisturizer and can even cause side effects. The purpose of this study was to determine the relationship between the level of knowledge and attitudes toward choosing moisturizer products among the people of Malang Raya. The research design used is analytic-observational with a cross-sectional method. The sample used is 100 respondents from Malang Raya (Malang Regency, Malang City, and Batu City) using purposive sampling technique that fits the inclusion and exclusion criteria. The instrument used is a questionnaire to measure the research and has been tested for validity and reliability. The results of this study show that the people of Malang Raya have a good level of knowledge (32%), sufficient knowledge (51%), and less knowledge (17%), while those who have a positive attitude (41%), and a negative attitude (59%), The results of the Spearman test showed a significance value of 0.007 (p <0.05) and a correlation value of +0.267; this indicates that there is a significant relationship and a moderate level of correlation. Therefore, pharmacists is needed to educate the public on choosing and using moisturizer properly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523060157
Uncontrolled Keywords: Moisturizer; Tingkat Pengetahuan; Sikap; Pemilihan; Penggunaan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.1 Drugs (materia medica)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:27
Last Modified: 14 Dec 2023 01:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205207
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Rindha Agata Fauzia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item