Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kekhasan Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Sambel Pecel “Karangsari” di Kota Blitar).

Rohmah, Hanif Mutiara and Sunaryo,, SE.,M.Si.,Ph.D and Dr. Nanang Suryadi,, SE.,MM (2023) Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kekhasan Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Sambel Pecel “Karangsari” di Kota Blitar). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kekhasan, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen; menguji pengaruh kualitas dan kekhasan produk terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 190 konsumen Sambel Pecel Karangsari Blitar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dalam mengumpulkan responden dan purposive sampling dalam memilih responden dengan kriteria yang sesuai dengan tujuan penelitian. Regresi Linear Berganda dan Analisis Jalur adalah metode yang digunakan untuk melakukan analisis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen; kekhasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen; kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen; kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen; kekhasan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen; terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas produk terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen karena pengaruh langsung lebih besar daripada pengaruh tidak langsung berdasarkan hasil analisis jalur; terdapat pula hasil yang sama pengaruh langsung dan tidak langsung dari kekhasan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen karena pengaruh langsung lebih besar daripada pengaruh tidak langsung berdasarkan hasil analisis jalur. Uji Sobel membuktikan bahwa kepuasan konsumen berhasil berperan sebagai variabel mediasi parsial dalam penelitian.

English Abstract

The objectives of this research are to analyze the effects of product quality, product uniqueness, and consumer satisfaction on consumer loyalty and to assess the influence of product quality and product uniqueness on consumer loyalty with the mediation of consumer satisfaction. The sample of this quantitative research is 190 consumers of Karangsari Pecel Sambal in Blitar; accidental sampling was used to collect the respondents, while purposive sampling was applied to choose respondents that meet the criteria according to the research objective. Multiple linear regression and path analysis are the methods for the research analysis. This study finds that product quality has a positive and significant impact on the consumer loyalty, that product uniqueness positively and significantly influences consumer loyalty, and that consumer satisfaction positively and significantly affects consumer loyalty. Furthermore, product quality has a positive and significant influence on consumer satisfaction, while product uniqueness also has a positive and significant effect on consumer satisfaction. This research also finds the direct and indirect effects of product quality on consumer loyalty through consumer satisfaction because the direct effect is stronger than the indirect effect according to the path analysis result and the direct and indirect effects of product uniqueness on consumer loyalty through consumer satisfaction because the direct effect is stronger that the indirect effect also based on the results of the path analysis. The results of the Sobel test prove that consumer satisfaction serves as the partial mediator in this study.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020039
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kekhasan Produk, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:18
Last Modified: 08 Dec 2023 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205141
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
HANIF MUTIARA ROHMAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item