Strategi Pengembangan Wisata Cagar Alam Telaga Rambut Monte Kabupaten Blitar

Fazira, Ira Nova and Wildan Alfarizi,, SE, M.Ling (2023) Strategi Pengembangan Wisata Cagar Alam Telaga Rambut Monte Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor industri yang potensial sebagai strategi pengembangan suatu daerah. Perkembangan sektor pariwisata di Indonesia tak lepas dari keindahan potensi alam yang menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan. Salah satunya adalah jenis wisata alam Telaga Rambut Monte yang berada di Jawa Timur. Wisata ini merupakan cagar alam dan cagar budaya yang memiliki pemandangan alam telaga bening dengan sumber air berwarna biru tosca, dihuni Ikan Sengkaring yang dilindungi serta terdapat candi bersejarah digunakan umat Hindu saat hari keagamaan. Seiring dengan perkembangan industri pariwisata, persaingan dalam meningkatkan jumlah kunjungan menjadi tidak terhindarkan. Terdapat penurunan wisatawan pada tahun 2021 hingga sebesar 58%. Berdasarkan hal tersebut penurunan pengunjung maupun untuk meningkatkan perekonomian sekitar serta adanya ikan yang dilindungi perlu diantisipasi dengan strategi pengembangan yang lebih baik di masa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan profil wisata, menganalisis persepsi masyarakat mengenai wisata dan merumuskan strategi yang dapat digunakan untuk pengembangan kawasan wisata Telaga Rambut Monte Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023 di Telaga Rambut Monte, Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yakni menggunakan teknik Accidental Sampling dan teknik Purposive Sampling yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Metode penentuan jumlah sampel pada wisatawan menggunakan metode Linier Time Function diperoleh sebanyak 36 Responden. Metode pengambilan data diperoleh observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisis Skoring dan Analisis SWOT. Persepsi wisatawan mengenai wisata dengan beberapa karakteristik pengunjung seperti berdasarkan jenis kelamin, tingkat usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, daerah asal, jumlah kunjungan dan sikap responden terhadap wisata Telaga Rambut Monte. Strategi pengembangan yang dihasilkan dalam penelitian adalah tumbuh dan membangun karena titik koordinat yang didapatkan dari hasil perhitungan skor matrik IFE dan EFE posisi Analisis SWOT berada pada daerah kuadran I (0,72, 0,54) dari IV kuadran atau berada pada daerah SO (Strenght Opportunity). Hal ini didukung dengan perhitungan matriks IE, dimana posisi strategis ini masuk dalam kuadran V (2.77, 2,90) dari IX kuadran, sehingga strategi yang sesuai dengan wisata Telaga Rambut Monte menggunakan kekuatan yang ada di dalam wisata dan memanfaatkan peluang yang ada di luar wisata. Hasil dari tersusunnya strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan wisata Telaga Rambut Monte meliputi : 1) Mengintegrasikan antara wisata alam dan wisata budaya dengan partisipasi masyarakat sekitar; 2) Membangun dan memperbaiki sarana dan pemeliharaan prasarana wisata; 3) Mengelola potensi wisata yang dimiliki dan mengembangkan atraksi mengikuti trend wisata; 4) Membangun dan mengadakan aksesibilitas wisata; 5)Meningkatkan pelayanan wisata yang baik guna menarik wisatawan berkunjung kembali; 6) Konservasi Ikan Sengkaring yang hampir punah; 7) Menciptakan lapangan kerja baru bagi daerah wisata yakni menggaitkan umkm untuk mengadakan cinderamata khas; 8) Peningkatan kerja sama dengan travel agent yang luas; 9) Menciptakan daya tarik yang berkesan bagi pengunjung; 10) Penyediaan sarana plang informasi sebagai daya tarik pendukung untuk menyusun rute wisata; 11) Merealisasikan pengembangan objek wisata oleh pemerintah; 12) Menjaga kelestarian daya tarik, keindahan dan ketersedian air telaga, menjadi kepuasan pengunjung; 13) Melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan secara professional dan bersertifikasi; 14) Mengadakan Akomodasi Pariwisata.

English Abstract

Tourism is one of the potential industrial sectors as a regional development strategy. The development of the tourism sector in Indonesia cannot be separated from the beauty of natural potential which is one of the main attractions for tourists. One of them is the type of natural tourism Telaga Rambut Monte located in East Java. This tour is a nature reserve and cultural heritage that has a natural scenery of a clear lake with a tosca blue water source in the middle inhabited by protected Sengkaring Fish and historical temples used by Hindus during religious days. Along with the development of the tourism industry, competition in increasing the number of visits becomes inevitable. There was a decrease in tourists in 2021 by 58%. Based on this, the decrease in visitors and to improve the surrounding economy and the presence of protected fish need to be anticipated with better development strategies in the future. The purpose of this study is to know and describe the tourism profile, analyze public perceptions about tourism and formulate the strategy for the development of the Telaga Rambut Monte tourist area, Blitar Regency. The research was conducted from December 2022 to January 2023 at Telaga Rambut Monte, Blitar. The methods used in this study are descriptive, quantitative and qualitative. The sampling technique is using Accidental Sampling techniques and Purposive Sampling techniques that have been adjusted to the needs of the study. The method of determining the number of samples in tourists using the Linear Time Function method was obtained as many as 36 respondents. Data collection methods obtained observation, interviews, questionnaires/questionnaires, and documentation. Data analysis in this study used Scoring Analysis and SWOT Analysis. Tourist perceptions regarding tourism with several visitor characteristics such as based on gender, age level, education level, occupation, area of origin, number of visits and respondents' attitudes towards Telaga Rambut Monte tourism. The development strategy produced in the research is to grow and build because the coordinate points obtained from the calculation of IFE and EFE matrix scores of the SWOT Analysis position are in quadrant I (0,72, 0,54) in quadrant IV, or are in the SO (Strenght Opportunity) area. This is supported by the calculation of the IE matrix, where this strategic position is included in quadrant V (2,77, 2,90) in quadrant IX, so that the strategy that is in accordance with Telaga Rambut Monte tourism uses the strengths that exist in tourism and takes advantage of opportunities that exist outside tourism. The results of the preparation of strategies that can be used in the development of Telaga Rambut Monte tourism include: 1) Integrate nature tourism and cultural tourism with the participation of the local community; 2) Building and repairing tourism facilities and infrastructure; 3) Manage tourism potential and develop attractions following tourism trends; 4) Build and organize tourism accessibility; 5) Improving good tourism services to attract tourists to visit again; 6) Conservation of the endangered Sengkaring fish; 7) Creating new jobs for tourist areas, namely associating umkm to hold special souvenirs; 8) Increased cooperation with a wide range of travel agents; 9) Creating a memorable appeal for visitors; 10) Provision of information signage as a supporting attraction for developing tourist routes; 11) Realizing the development of tourist objects by the government; 12) Maintaining the preservation of the attractiveness, beauty and availability of lake water, is the satisfaction of visitors; 13) Conduct education and training activities in a professional and certified manner; 14) Organize Tourism Accommodation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080475
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:49
Last Modified: 12 Dec 2023 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205133
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ira Nova Fazira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item