Pengaruh Harga, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen Frozen Food PT. Mitra Nasional Kualitas (Minaku) di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur

Aziizah, Haniifah Nur’ and Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab,, MP (2023) Pengaruh Harga, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen Frozen Food PT. Mitra Nasional Kualitas (Minaku) di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dalam era globalisasi, terjadinya perkembangan perdagangan dalam segala jenis produk di dunia, termasuk produk pangan. Semakin berkembangnya produk dalam bidang pangan, maka akan semakin ketat pula persaingan pasar.. Salah satu perusahaan dalam bidang pangan yaitu Frozen Food PT. Mitra Nasional Kualitas (Minaku). Dalam penelitian ini menganalisis beberapa variabel untuk diteliti yaitu harga, brand image, kualitas produk, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel harga terhadap kepuasan konsumen, menganalisis pengaruh variabel brand image terhadap kepuasan konsumen, menganalisis pengaruh variabel kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, menganalisis pengaruh variabel harga terhadap loyalitas konsumen, menganalisis pengaruh variabel brand image terhadap loyalitas konsumen, menganalisis pengaruh variabel kualitas produk terhadap loyalitas konsumen, menganalisis pengaruh variabel kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, menganalisis pengaruh variabel harga terhadap loyalitas konsumen dengan mediasi kepuasan konsumen, menganalisis pengaruh variabel brand image terhadap loyalitas konsumen dengan mediasi kepuasan konsumen, menganalisis pengaruh variabel kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan mediasi kepuasan konsumen Frozen Food Minaku di Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanatori. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penilaian responden melalui instrumen kuesioner, data sekunder diperoleh dari jurnal ilmiah, buku, dan website. Sampel penelitian ini sebanyak 95 responden. Teknik pengambil sampel penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan kriteria responden telah melakukan pembelian minimal sebanyak 2 kali dalam periode 1 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan menggunakan software SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, brand image berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga dan brand image berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Terdapat faktor mediasi yang menunjukkan bahwa harga dan kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sedangkan brand image berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pengaruh secara tidak langsung menggunakan mediasi kepuasan konsumen maka lebih berpengaruh secara positif apabila dibandingkan dengan pengaruh langsung. Penelitian ini diharapkan bagi perusahaan untuk selalu memperhatikan kepuasan konsumen dengan memperhatikan harga, kualitas, dan meningkatkan brand image yang baik. Penelitian ini diharapkan bagi peneliti dapat dikembangkan kembali dengan menambah variabel lain seperti kualitas pelayanan, kualitas pengiriman, dan sebagainya di wilayah selain Kota Surabaya dengan menggunakan seleksi responden secara otomatis. Penelitian ini diharapkan bagi perguruan tinggi yaitu melakukan studi literatur yang komprehensif dengan menjangkau berbagai aspek.

English Abstract

In the era of globalization, there is a development of trade in all types of products in the world, including food products. The more developed products in the food sector, the tighter the market competition. One of the companies in the food sector is Frozen Food PT. National Quality Partner (Minaku). In this study analyze several variables to be studied, namely price, brand image, product quality, consumer satisfaction, and consumer loyalty. The purpose of this study is to analyze the effect of price variables on consumer satisfaction, analyze the influence of brand image variables on consumer satisfaction, analyze the influence of product quality variables on consumer satisfaction, analyze the effect of price variables on consumer loyalty, analyze the influence of brand image variables on consumer loyalty, analyze the influence of product quality variables on consumer loyalty, analyze the influence of satisfaction variables consumers on consumer loyalty, analyzing the effect of price variables on consumer loyalty by mediating consumer satisfaction, analyzing the influence of brand image variables on consumer loyalty by mediating consumer satisfaction, analyzing the effect of product quality variables on consumer loyalty by mediating consumer satisfaction Frozen Food Minaku in Surabaya City. Type of research used is explanatory research. The types of data used are primary data and secondary data. Primary data is obtained from the results of respondent’s assessment through questionnaire instruments, secondary data is obtained from scientific journals, books, and websites. The sample of this study was 95 respondents. The sampling technique of this study uses accidental sampling techniques with the criteria that respondents have made purchases at least 2 times in a period of 1 year. The analysis technique used is SEM-PLS using SmartPLS 4 software. The results of this study show that price and product quality have a positive and significant effect on consumer satisfaction, brand image has a negative and insignificant effect on consumer satisfaction, price and brand image have a negative insignificant effect on consumer loyalty, product quality has a positive and significant effect on consumer loyalty, and consumer satisfaction has a positive and significant effect on consumer loyalty. There are mediating factors that show that price and quality have a positive and significant effect on consumer loyalty while brand image has a negative and insignificant effect. This research is expected for companies to always pay attention to consumer satisfaction by paying attention to price, quality, and improving a good brand image. This research is expected for researchers to be redeveloped by adding other variables such as service quality, delivery quality, and so on in areas other than Surabaya City by using automatic selection of respondents. This research is expected for universities, namely conducting comprehensive literature studies by reaching various aspects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080457
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:14
Last Modified: 11 Dec 2023 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205076
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Haniifah Nur' Aziizah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item